Pengguna Instagram Wajib Izin Sebelum Unggah Postingan

Telset.id, Jakarta  – Instagram mulai mewajibkan Anda meminta izin sebelum mengunggah postingan. Kepasa siapa harus meminta izin? Tak lain dan tak bukan kepada pihak pertama yang mengunggah postingan.

Hukum hak cipta terkadang memang membingungkan, terutama di era digital seperti sekarang. Jika seseorang memakai Twitter, Facebook, dan Instagram, konten yang ada biasanya bisa diunggah ulang oleh pengguna lain.

{Baca juga: Trik Instagram Stories: Upload Foto Tanpa Batas, Ini Caranya!}

Bolehkah melakukan hal seperti itu? Ada pendapat bahwa  konten seseorang di media sosial memiliki hak cipta. Artinya, pengunggah pertama punya hak penuh untuk mengatur siapa saja yang boleh menjiplaknya.

Faktanya, banyak pengguna yang seenaknya memakai unggahan orang lain untuk diposting ulang tanpa menyertakan sumber. Instagram mulai risih dengan praktik tersebut sehingga sekarang mengeluarkan aturan baru.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Senin (8/6/2020), Instagram tidak menawarkan sublisensi untuk pemakaian postingan. Instagram perlu pihak ketiga untuk memberi hak dari pemegang hak cipta.

“Tujuannya untuk memastikan mereka punya lisensi sebelum membagikan konten. Jika ingin mengunggah sebuah postingan dari Instagram, Anda perlu meminta izin dari pengunggah aslinya,” demikian kata Instagram.

Bagaimana kalau pengguna tetap ngeyel? Instagram mengingatkan bakal ada proses hukum karena tuntutan pelanggaran hak cipta. Jadi, kini berhati-hatilah jika ingin mengunggah ulang postingan orang lain di Instagram.

Sebelumnya Instagram juga mengumumkan fitur video call dengan jumlah partisipan sebanyak maksimal 50 orang. Hal ini sesuai dengan janji Mark Zukerberg beberapa waktu lalu, yang menjanjikan integrasi layanan Messenger Room di platfrom Instagram.

Fitur baru Messanger Rooms kini akhirnya telah menyambangi platform Instagram yang memungkinkan untuk melakukan video call hingga 50 orang.

{Baca juga: Instagram Kini Bisa Video Call Sampai 50 Orang}

Adapun cara mengakses fitur tersebut hampir sama dengan fitur video call pada Instagram sebelumnya. Yaitu dengan mengaksesnya melalui menu Messages, lalu klik ikon video Chat dan pilih “Create a Room”.

Nantinya pengguna bisa mengundang daftar orang yang akan ikut sebagai partisipan dalam video group call. Bisa juga dengan mengkopi link Room, untuk nantinya di kirimkan ke lebih banyak orang. [SN/HBS]

 

 

SourceUbergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

7 Tips Merawat Earphone Agar Tetap Awet dan Bersih

Telset.id, Jakarta - Earphone merupakan perangkat pendukung bagi pengguna smartphone. Untuk itu earphone harus dirawat dengan baik supaya tetap...

Permintaan PC dan Laptop Meningkat Selama Covid-19

Telset.id, Jakarta - Covid-19 membuat orang terpaksa harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal ini secara...

China Gunakan AI untuk Pantau Perilaku Pekerja Konstruksi

Telset.id, Jakarta - Institute of Automation di Beijing, China mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk memantau perilaku pekerja konstruksi...

Ilmuwan Berhasil Identifikasi Zat Misterius di Sisi Jauh Bulan

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi zat misterius yang ditemukan di sisi jauh Bulan. Zat aneh seperti gel...

Instagram Akan Blokir Iklan Terapi Konversi Orientasi Seksual

Telset.id, Jakarta - Instagram akan memblokir iklan terapi konversi di platform mereka. Terapi konversi sendiri merupakan terapi yang bertujuan...
- Advertisement -