Ternyata, pH Air di Mars Serupa dengan Lautan di Bumi

pH Air Mars

Telset.id, Jakarta –  Air yang pernah mengalir di Mars mengandung bahan sempurna untuk mendukung kehidupan. Hal itu diungkapkan oleh para ilmuwan yang melakukan penelitian terukur dimana pH air Mars sama dengan di Bumi.

Pengukuran oleh penjelajah Curiosity NASA, yang telah menjelajahi Planet Merah sejak mendarat pada 2012 silam, menunjukkan bahwa kimiawi lautan di planet tersebut akan serupa dengan yang ada di Bumi.

Mars adalah tempat di tata surya dengan peluang terbaik untuk memiliki kehidupan. Es di permukaannya mengandung cukup air untuk menutupi seluruh planet Mars hingga kedalaman 114 kaki.

{Baca juga: Air di Mars Menghilang Lebih Cepat dari Prediksi Ilmuwan}

Namun, belum ada bukti yang ditemukan bahwa kehidupan pernah ada di Mars. Kendati begitu, para ilmuwan mencari tahu apa yang terkandung di sana dan apakah dapat mendukung kehidupan atau tidak.

Dilansir New York Post, makalah yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications merinci tentang pengukuran yang diambil dari sedimen di dasar danau sebelumnya di kawah Gale.

{Baca juga: 5 Planet Pengganti Bumi yang Bisa Dihuni Manusia, Siap-siap Pindah!}

Seperti dikutip Telset.id, Jumat (24/01/2020), data-data para ilmuwan menunjukkan bahwa air danau di Mars memiliki pH atau ukuran keasaman air serupa dengan yang ada di lautan di Bumi.

Artinya, air di Planet Merah bisa punya kandungan yang tepat untuk mendukung kehidupan mikroba. Sayang, penemuan ini tidak membawa para ilmuwan lebih dekat untuk menemukan kehidupan di Mars. (SN/MF)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here