Pesawat Gagal Terbang karena iPad Error

Pilot pakai iPadJAKARTA – Merebaknya perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet, telah menggantikan peran kertas atau buku. Trend juga merambah ke dunia penerbangan, dimana sejumlah maskapai memanfaatkan tablet untuk para crew pesawatnya. Namun, hal ini sempat membuat masalah, yang mengakibatnya batalnya penerbangan. Kenapa?

Maskapai American Airlines merupakan salah satu maskapai yang sudah mengganti dokumen penerbangan dengan tablet iPad. Para pilot mengganti peta kertas dengan aplikasi peta dalam iPad.

Kecanggihan iPad tentulah menjadi bahan pertimbangan American Airlines untuk memilihnya sebagai perangkat pendukung para pilot pesawatnya. Namun, secanggih-canggihnya suatu perangkat, kemungkinan rusak atau eror itu pasti tetap ada.

Begitupun yang terjadi baru-baru ini, dimana iPad yang digunakan para crew pesawatnya bermasalah. Aplikasi iPad yang digunakan pilot-pilot American Airlines untuk membuka peta jalur penerbangan mendadak rusak dan tidak bisa dipakai.

Alhasil, pilot-pilot yang sudah siap lepas landas kembali ke bandara untuk mencari bantuan dan akses internet. Akibat masalah tersebut, sejumlah penerbangan dikabarkan harus ditunda beberapa jam.

“Beberapa penerbangan mengalami masalah terkait beberapa aplikasi di iPad pilot,” tulis akun Twitter American Airlines, yang dikutip telsetNews dari PhoneArena, Minggu (3/5/2015).

Seperti diketahui, American Airlines dan Apple memang diketahui sudah menjalin kerjasama sejak tahun 2011. Maskapai ini mengganti dokumen penerbangan dengan tablet iPad.Selain iPad, American Airlines juga membagikan 23 ribu iPhone 6 Plus secara gratis kepada para crew pesawat (pramugari) maskapai tersebut.

Phablet yang dibagikan ke para awak kabin  American Airlines ini akan memuat banyak tool kerja, seperti informasi keselamatan kerja dan informasi jasa layanan, serta solusi untuk memproses transaksi ritel di pesawat.

Dengan kejadian ini, para pilot sebaiknya mulai berpikir ulang untuk jangan hanya mengandalkan perangkat digital seperti iPad atau lainnya. Karena secanggih-canggihnya sebuah perangkat, kemungkinan eror tetap ada. Well, sebaiknya peta kertas tetap harus disiapkan, captain! [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here