Pertempuran Kosmik Bintang Ciptakan “Awan Pelangi” Spektakuler

Telset.id, Jakarta  – Awan gas berwarna pelangi yang menakjubkan mengelilingi dua kosmik bintang yang bertempur di luas angkasa beberapa ratus tahun lalu. Para astronom mengamati sistem bintang biner HD101584 menggunakan Atacama Large Millimeter (ALMA).

Para astronom melihat awan gas aneh yang dihasilkan oleh dua kosmik bintang yang melakukan pertempuran. Pengamatan baru dari ALMA telah menunjukkan para ilmuwan bahwa apa yang terjadi dengan HD101584 adalah sesuatu seperti konfrontasi bintang.

{Baca juga: Ngeri! Black Hole Terbesar Sejagat Raya Ditemukan}

Bintang utama tumbuh cukup besar untuk “menelan” mitra yang bermassa lebih rendah. Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Senin (10/2/2020), bintang yang lebih kecil memperbesar ke arah inti raksasa tetapi tidak bertabrakan dengannya.

Sebagai gantinya, bintang yang lebih besar dipicu ledakan, menghamburkan lapisan gas dan memperlihatkan intinya. “Gambar menakjubkan dari lingkungan HD101584 tidak akan mungkin terjadi tanpa sensitivitas dan resolusi ALMA,” ujar penulis Elizabeth Humphreys.

Para peneliti berharap bisa mendapatkan lebih banyak wawasan tentang evolusi akhir bintang seperti matahari kita. “Saat ini, kami dapat menggambarkan proses kematian yang biasa terjadi di banyak bintang seperti matahari,” imbuh Elizabeth, yang juga wakil ESO.

Namun demikian, ia tidak dapat menjelaskan mengapa atau bagaimana mereka terjadi. HD101584 memberi kita petunjuk penting untuk memecahkan teka-teki tersebut karena saat ini sedang dalam fase transisi singkat antara tahap evolusi yang lebih baik untuk dipelajari.

{Baca juga: Orbiter Menangkap Foto Pemandangan Aneh di Planet Mars}

“Dengan gambar rinci dari lingkungan HD101584, kita dapat membuat hubungan antara bintang raksasa itu sebelumnya. Sisa bintang tersebut segera terbentuk, “kata rekan penulis Sofia Ramstedt dari Universitas Uppsala Swedia dalam sebuah pernyataan di jurnal. [SN/HBS]

Simak Video Terbaru “Samsung Galaxy A51 Camera Review”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI