telset

Pertama Unjuk Gigi, Mobil Otonom Apple Langsung Tabrakan

Telset.id, Jakarta – Mobil tanpa pengemudi buatan Apple mengalami insiden kecelakaan saat mengikuti lomba pengembangan mobil otonom. Mobil Apple ditabrak dari belakang ketika melaju di jalan bebas hambatan di kawasan Silicon Valley.

Pada 24 Agustus 2018, mobil prototip Lexus 450h milik Apple menerapkan mode otonom di jalan bebas hambatan Lawrence, California, Amerika Serikat, dengan kecepatan satu mil per jam ketika ditabrak dari belakang oleh Nissan Leaf buatan 2016.

Nissan Leaf, yang melaju dengan kecepatan sekitar 15 mil per jam, menabrak bagian belakang Lexus 450h milik Apple pada pukul 15.00 waktu setempat.

Dilaporkan kronologis kejadiannya, saat itu mobil otonom buatan Apple disebut sedang menunggu jatah masuk ke jalur bebas hambatan tersebut.

Baca juga: Penampakan Mobil Otonom Apple “Project Titan”

Akibatnya, menurut berkas laporan yang diunggah di situs Departemen Kendaraan Bermotor California, kedua kendaraan mengalami kerusakan. Namun, The Verge melaporkan, dikutip Minggu (2/9/2018), tidak ada korban jiwa gara-gara peristiwa itu.

Peraturan keamanan dari regulator California menyebut bahwa manusia harus bisa mengambil alih kendaraan otonom yang sedang diuji coba. Jurubicara Apple mengonfirmasi telah mengajukan laporan insiden meski tak membeberkan rinciannya.

Baca juga: Apple Gandeng VW Garap Proyek Mobil Otonom

Apple merahasiakan proyek mobil otonom selama bertahun-tahun meski para pesaing seperti Google mulai melakukan uji coba di jalan. Para pejabat Apple sebelumnya tidak pernah secara terbuka berkomentar tentang program mobil otonom buatannya.

Kendati demikian, satu berkas pengadilan kriminal yang diajukan pada bulan lalu menyatakan bahwa Apple mempekerjakan 5.000 pegawai dalam program tersebut. Apple kini sedang membuat papan sirkuit dan cip pengendali untuk mobil otonomnya.

Apple memasuki ajang perlombaan teknologi mobil otonom yang sudah penuh pesaing, meliputi Waymo, Zoox, serta Cruise Automation milik General Motors.

Baca juga: Apple Tambah Armada Mobil Otonom

Apple kali pertama mengakui tertarik berinvestasi di sektor mobil otonom dalam surat yang ditujukan kepada otoritas transportasi Amerika Serikat pada akhir 2016. Apple meminta kepada mereka untuk tidak membatasi uji coba kendaraan otonom.

Tahun lalu Apple mendapatkan izin uji coba mobil otonom di negara bagian California. Tak lama berselang, Apple pun mengujicobakannya. Sekarang, Apple dilaporkan telah mengantongi izin uji coba untuk lebih dari 60 kendaraan otonom. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0