Apple Gandeng VW Garap Proyek Mobil Otonom

Telset.id, Jakarta – Apple terus mengembangkan mobil otonom alias tanpa pengemudi bernama Project Titan. Proyek tersebut sekarang mencapai babak baru, di mana Apple dikabarkan verhasil menggandeng produsen kawakan mobil asal Jerman, yakni VW alias Volkswagen.

Menurut The Verge, Tim Cook dkk bermitra dengan Volkswagen guna mengubah beberapa mobil T6 Transporter menjadi kendaraan yang bisa dikemudikan secara otomatis oleh karyawan Apple. Apple memilih Volkswagen karena gagal bermitra dengan BMW dan Mercedes-Benz.

Informasi menyebut, dalam beberapa tahun terakhir Apple memang mencoba mendekati BMW dan Mercedes-Benz untuk mengembangkan mobil otonom. Namun, keduanya menolak proposal Apple lantaran tidak ada titik temu soal kewenangan desain dan data.

Sampai kini, proyek mobil otonom Apple telah mengalami perubahan berulang kali. Akibatnya, karyawan Apple yang terlibat dalam proyek tersebut jengah. Tak kurang dari 1.000 karyawan Apple akhirnya memutuskan mengundurkan diri.

Akibat kekisruhan itu, Apple tertinggal jauh dari Waymo dalam proyek mobil otonom. Seperti diketahui, Waymo, yang berada di bawah nauangan Alphabet – induk perusahaan Google – sudah menguji kendaraan otonom di jalan umum sejak beberapa tahun belakangan.

Baca juga:  Penampakan Mobil Otonom Apple “Project Titan”

Apple memulai proyek mobil otonom yang dikenal sebagai proyek Titan dan T172 pada 2014. Saat itu, Apple berencana membangun kendaraan yang akan mengubah masyarakat dan industri. Apple mulai menggarap mobil otonom elektrik dengan interior layaknya ruang tamu.

Apple meminta programer perangkat lunak, insinyur otomotif, ilmuwan roket, dan tim desain industri dari desain Apple, Jonathan Ive, untuk menata kembali proyek mobil tersebut. Mereka membuat serangkaian konsep modern, termasuk tampilan Augmented-Reality atau holografik di kaca jendela.

Namun, proyek itu belum ada kelanjutan secara konkret. Apple sepertinya masih sibuk dengan penggarapan divisi lain, khususnya ponsel, tablet, dan desktop. Buktinya, Apple terus mengembangkan ponsel iPhone sarat teknologi, termasuk iPhone X. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI