Penjelasan Twitter Soal Penyebab Twitter Down

Telset.id Jakarta – Sejak pagi tadi linimasa ramai dengan keluh kesah netizen yang tak bisa ngetweet karena Twitter mengalami gangguan. Tapi gangguan ini tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga hampir di seluruh dunia. Lalu apa penyebab Twitter down?

Sempat ada nyinyiran dari netizen yang mengatakan bahwa Twitter down memang disengaja konspirasi pemerintah, karena hari ini akan ada demo besar BEM menolak UU Omnibus Law.

Tapi benarkah demikian? Nyinyiran itu sudah dapat dipastikan hanyalah hoax, karena tumbangnya layanan Twitter ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga dialami banyak negara di berbagai penjuru dunia

Twitter sendiri sudah memberikan keterangan resminya yang menjelaskan mengapa layanannya tumbang pada pagi hari tadi sekitar pukul 04.51 WIB. Melihat banyak keluhan dari pengguna, Twitter langsung gerak cepat menjelaskan masalahnya.

{Baca juga: Twitter Sempat Gangguan, Netizen Gak Bisa Ngetweet}

Lewat akun Twitter resminya, situs microblogging terbesar di dunia itu mengatakan memang layanan Twitter down, dan saat ini sedang berupaya menyelesaikan masalah itu secepatnya.

Mereka mengkonfirmasi bahwa telah mendeteksi ada masalah di sistem internal, sebagai akibat dari perubahan sistem yang berdampak layanan kepada pengguna.

“Pemadaman ini disebabkan oleh perubahan sistem yang dimulai lebih awal dari yang direncanakan, yang memengaruhi sebagian besar server kami,” kicau Twitter lewat akun @TwitterSupport yang Telset.id kutip, Jumat (16/10/2020).

Beruntung masalah itu tidak berlangsung lama, karena setelah Twitter mengindentifikasi masalahnya, mereka akhirnya berhasil memperbaiki permasalahan di sistemnya.

Setelah berhasil membereskan semua masalahnya, layanan Twitter akhirnya bisa kembali berfungsi normal, dan bisa diakses oleh para penggunanya.

Sebelumnya, Twitter dilaporkan sempat gangguan atau down. Banyak netizen Indonesia yang mengeluh tidak bisa mengakses media sosial besutan Jack Dorsey itu hari ini (16/10/2020).

Berdasarkan pantauan tim Telset.id dari Down Detector, Twitter memang sempat down pada pukul 04.51 WIB. Total, ada 194 laporan mengenai gangguan pada layanan Twitter.

{Baca juga: Twitter Down, Warganet Gagal Ngetweet dan Posting Gambar}

Ratusan laporan tersebut terbagi berdasarkan gangguan yang dialami netizen. 52% pengguna tidak bisa mengakses situs media sosial tersebut. Lalu 40% lainnya melaporkan bahwa aplikasi Twitter yang mengalami gangguan.

Sekitar 6% pengguna lainnya melaporkan terkait gangguan aplikasi Twitter di iPhone dan iPad. Gangguan terjadi di Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Indonesia, dan beberapa negara lainnya.

Meski down atau gangguan, namun para pengguna tetap curhat di Twitter juga. Alhasil, tagar #TwitterDown pun menggemar dan jadi trending topic. [HBS]

Simak Video Terbaru “UNBOXING POCO X3 NFC: SPEKNYA NGACO”:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here