Pengguna YouTube Mulai Beralih ke Smartphone

YouTube di smartphoneJAKARTA – Meningkatnya penetrasi smartphone di Indonesia telah mengubah pola pengguna dalam menikmati video di YouTube. Jika dulu kebanyakan masih nonton lewat desktop PC, kini pengguna di Indonesia lebih senang menikmatinya lewat perangkat smartphone.

Menurut data terbaru yang diberikan YouTube Indonesia, jumlah pengguna YouTube di Indonesia di kuartal ketiga 2015 melonjak tiga kali lipat atau hingga 600% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2014.

Dari sisi watch time (lama mengakses), jumlah waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mengakses layanan YouTube meningkat sebesar 130% dibandingkan tahun lalu.

Jumlah tersebut bahkan menjadi lebih besar lagi jika digabungkan dengan jumlah pengakses dari perangkat smartphone, yakni mencapai 250% atau 2,5 kali lebih besar dibanding tahun lalu. Dengan pencapaian tersebut, Indonesia berhasil mencatat tingkat pertumbuhan watch time tertinggi se-Asia Pasifik.

[Baca juga: Jumlah Penonton Indonesia Melesat, YouTube Sumringah]

Meningkatnya jumlah pengguna Youtube di Indonesia tersebut banyak dipengaruhi oleh meningkatnya penetrasi Internet dan adopsi penggunaan smartphone di Indonesia. Bahkan, jumlah pengguna Youtube yang mengakses lewat smartphone lebih dominan dibandingkan desktop PC.

“Jumlah pengguna YouTube di Indonesia mengalami peningkatan hingga 600%, dan yang menonton lewat smartphone paling dominan,” kata Veronica Utari, Head of Marketing Google Indonesia dalam acara ‘Effective Ads’ di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Secara rinci Veronika mengungkapkan, bahwa sekitar 83% penikmat Youtube di Indonesia menonton melalui perangkat mobile, dan sisanya menonton di desktop PC.

Menariknya, menurut Veronica, sekitar 58% pengguna Youtube Indonesia akan tetap setia memelototi tontonan video di YouTube, dan tidak akan membuka aplikasi yang lain.

“Para pengguna Youtube di Indonesia akan fokus dan tidak akan membuka aplikasi apapun di smartphone, saat mereka sedang membuka YouTube,” ujarnya menjelaskan.

Dia mengakui, meningkatnya jumlah pengguna YouTube di Indonesia tak lepas dari semakin bagusnya layanan Internet di Tanah Air. Ia menyebutkan, dari 250 juta penduduk Indonesia, 90 juta orang di antaranya sudah terhubung dengan Internet.

Indonesia, katanya lebih lanjut, saat ini merupakan salah satu negara yang paling aktif menggunakan Internet, dengan tingkat penetrasi mencapai 43% yang menggunakannya via smartphone dan 15% lewat desktop PC.

“Smartphone kini sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, maka tak heran jika semakin banyak orang yang menonton dan mengunggah konten dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” terang Veronica.

Youtube Indonesia sendiri menggelar acara bertema Content & Creativity: How Brands Can Win on Youtube, dimana dalam acara tersebut pihak YouTube Indonesia memaparkan data-data terbaru mengenai perilaku masyarakat di Indonesia dalam menonton Youtube.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

Rekomendasi

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0