Jumlah Penonton Indonesia Melesat, YouTube Sumringah

YouTube Effective AdsJAKARTA – Tidak mengherankan jika setahun lalu On Device Research mendapuk Indonesia sebagai “surganya social media”, karena banyak aplikasi social media populer yang berhasil mendulang banyak pengguna dari negeri ini. Prestasi terakhir yang dicatat Indonesia adalah sebagai penyumbang penonton YouTube terbesar se-Asia Pasifik.

Twitter dan Facebook sudah merasakan manisnya pasar Indonesia. Banyak orang di negara ini yang tidak bisa lepas dari Twitter, Facebook atau media sosial lain meski dalam hitungan jam. Kini hal yang sama dirasakan YouTube. Aplikasi berbagi video ini mendulang banyak penonton dari Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Veronica Utari, Head of Marketing Google Indonesia. Dia mengatakan, bahwa Indonesia saat ini menjadi salah satu negara pengakses YouTube terbesar se-Asia Pasifik.

“Tahun ini, jumlah waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mengakses YouTube (watch time) meningkat sebesar 130% dibandingkan tahun lalu,” kata Veronica di acara ‘Effective Ads’ di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Jumlah tersebut bahkan menjadi lebih besar lagi jika digabungkan dengan jumlah pengakses YouTube yang berasal dari perangkat smartphone, yakni mencapai 250% atau 2,5 kali lebih besar dibanding tahun lalu.

“Dengan pencapaian tersebut, Indonesia berhasil mencatat tingkat pertumbuhan watch time tertinggi se-Asia Pasifik,” ujarnya menerangkan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan angka pertumbuhan watch time di Indonesia. Yang pertama, karena insfrastruktur jaringan Internet di Indonesia sudah semakin bagus, sehingga meningkatkan kualitas layanan Internet.

Faktor kedua, menurut Veronica, adalah karena tingginya penetrasi smartphone di Indonesia. Dia menyebutkan, bahwa adopsi smartphone di Indonesia meningkat sangat signifikan, dimana saat ini 43% orang Indonesia sudah memiliki smartphone.

“Saking tingginya pengakses YouTube dari smartphone, waktu yang bisa dihabiskan oleh para pengguna ponsel pintar untuk menonton YouTube bisa lebih dari 30 menit,” terang Veronica.

Berdasarkan data yang dipaparkan Google Indonesia, ada sekitar 23% pengakses YouTube lewat smartphone yang rata-rata menghabiskan waktu 30 menit untuk menonton video. Sementara 43% orang memelototi video di YouTube selama 15 menit atau lebih lama lagi.

Meningkatnya watch time pengguna YouTube di Indonesia juga banyak dipengaruhi oleh semakin banyaknya konten-konten yang menarik. Yang menggembirakan, kata Veronica, jumlah konten lokal yang bagus sekarang semakin banyak dan digemari penikmat YouTube dari Indonesia.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI