telset

Operator Tingkatkan Layanan Data Selama Libur Nataru 2020

Telset.id, Jakarta Kominfo memastikan operator telah meningkatkan kapasitas layanan data mereka demi kenyamanan pengguna selama momen libur hari natal dan tahun baru 2020 (nataru). Menurut Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, seluruh operator meningkatkan kapasitas layanan data mereka hingga pertengahan Januari 2020.

Ferdinandus mengatakan, semua operator telah siap menghadapi lonjakan data selama libur nataru yang dimulai dari awal November 2019 hingga pertengahan Januari 2020.

“Operator seluler telah melakukan peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice dan sms,” kata pria yang akrab disapa Nando tersebut.

{Baca juga: Trafik Data Telkomsel Diperdiksi Naik 51% Saat Nataru}

Berdasarkan keterangan yang diterima Telset.id pada Rabu (01/01/2020), secara total, operator telah menyiapkan 479.125 unit BTS di seluruh Indonesia. Seluruhnya dimaksimalkan demi kenyamanan pelanggan dalam layanan data. Ini belum termasuk BTS tambahan yang hadir di pusat-pusat keramaian.

“Mengerahkan 160 unit mobile BTS di titik-titik keramaian yang menjadi pusat perayaan Natal dan Tahun Baru 2020,” tulis Nando.

Menurut Nando, operator pun mengerahkan tim untuk melakukan pengukuran Quality of Service (QoS). Tujuannya, mereka dapat terus mengawal dan memastikan layanan telekomunikasi selama libur nataru, terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal dan tempat wisata.

Selain itu, operator telah menyiapkan posko-posko siaga 24 jam, kemudian melakukan patroli, dan pengecekan di jalur-jalur fiber utama untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar. Ia menyatakan, Kominfo mengapresiasi kesiapan operator, namun pihaknya tetap melakukan pengawasan agar kualitas jaringan saat nataru tetap terjaga.

{Baca juga: Bukan Jalan-jalan, Warganet Manfaatkan Libur Nataru dengan Rebahan}

“Kementerian Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performasi jaringan operator seluler selama libur nataru2020, termasuk dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang jadi pusat konsentrasi massa,” tutup Nando. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0