Nokia X Mulai Dijual di Indonesia

Nokia Android X

Jakarta –  Nokia X sudah tersedia di pasar Indonesia. Penjualan perdana ponsel Nokia Android itu digelar di Central Park Mall, Jakarta. Nokia X dibanderol seharga Rp 1.599.000, yang dibundling dengan paket Data dari Telkomsel.

Nokia memberikan penawaran khusus dalam penjualan perdana Nokia X, yakni potongan harga sebesar Rp 200.000 bagi pemegang kartu kredit Bank Mandiri, BCA, BNI dan Bank Danamon.

Untuk memasarkan Nokia X di Indonesia, pihak Nokia menggandeng beberapa perusahaan dan situs online sebagai distributor resminya, seperti Erafone, Oke Shop, Global Teleshop, Sentra Ponsel dan Blibli.

Nokia X pertama kali diumumkan berbarengan dengan digelarnya ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 pada Februari silam. Ponsel pertama Nokia yang menjalankan sistem operasi Android ini mulai diperkenalkan di Indonesia pada akhir Maret lalu.

Nokia memberikan sejumlah bonus dalam penjualan Nokia X, seperti misalnya media penyimpanan data online OneDrive sebesar 10 GB, aplikasi instant messaging BlackBerry Messenger (BBM) yang sudah tersedia langsung (pre-loaded) di ponsel Android Nokia ini.

Selain BBM, berbagai aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, LINE, dan WeChat juga sudah tersedia langsung di Nokia X. Sedangkan beragam aplikasi populer lain seperti Instagram, Path, WhatsApp, dll, bisa diunduh melalui Nokia Store.

Untuk spesifikasinya, Nokia X memiliki ukuran layar 4 inci, dan dibekali prosesor Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 Play jenis dual-core Cortex-A5 1 GHz, RAM 512 MB, baterai 1.500 mAh, dan menjalankan sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean) yang telah dimodifikasi oleh Nokia menjadi sistem operasi Nokia X Platform Software.

Sebagai informasi, sistem operasi yang digunakan Nokia X memang tidak murni Android OS. Karena Nokia memang hanya mengadopsi lisensi Android Open Source Project (AOSP) dari Google. AOSP dapat digunakan siapa saja secara gratis, karena sistem operasi ini bersifat terbuka (open source).

Maka jangan heran jika Anda tidak bisa menjumpai aplikasi dan layanan Google, seperti Gmail, Youtube, Google Maps, Google+, Hangouts, Play Store, secara default di Nokia X. Aplikasi dan layanan tersebut tak bisa dihadirkan di Nokia X karena Nokia tidak membeli lisensi layanan mobile Google.

Secara fisik, Nokia X terlihat cukup menarik dengan casing yang menawarkan warna-warna cerah. Pengguna bisa memilih warna case belakang yang dapat diganti dengan pilihan warna merah, hijau, cyan (ungu), kuning, putih, biru, dan hitam.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI