Warga AS Merasa Dimata-matai Google & Facebook

Microsoft-Facebook-Apple-Google

Jakarta – Semakin meraksasanya perusahaan teknologi semacam Facebook, Google, Apple, dan juga Amazon ternyata telah membuat warga Amerika Serikat (AS) cemas. Para raksasa teknologi itu dinilai telah terlalu jauh masuk dalam kehidupan masyarakat.

Kekhawatiran warga AS ini terutama soal kemampuan para raksasa teknologi tersebut dalam mengumpulkan data, sehingga dirasa akan mengganggu kehidupan privasi masyarakat.

Hal ini terungkap dalam hasil survei yang dilakukan Reuters/Ipsos di AS pada bulan Maret 2014 lalu. Menurut survei tersebut, kemampuan mengenali lokasi, komunikasi personal dan kebiasaan berbelanja para penggunanya adalah hal yang paling dicemaskan warga pada Facebook dan Google. Mereka merasa seperti terlalu dimata-matai.

Dengan kemampuan finansial yang mencapai miliaran dolar, harga saham selangit, perusahaan seperti Google, Facebook dan Amazon dengan mudah mencaplok perusahaan teknologi yang lebih kecil untuk dapat menguasai data user. Hal itu dilakukan demi kepentingan bisnisnya, terutama ambisi mereka dalam menguasai perdagangan online.

Dalam survei yang melibatkan sekitar 5000 responden tersebut, 51% di antaranya mengatakan setuju bahwa ketiga perusaahaan di atas ditambah Apple, Microsoft dan Twitter, telah bertindak terlalu jauh dan berekspansi terlalu dalam ke kehidupan warga.

“Kita merasa berada dalam situasi dimana masyarakat segala sesuatunya akan di-track. Mereka (perusahaan teknologi,red) memiliki akses pada begitu banyak data yang bisa mereka gunakan dengan tidak benar,” kata Richard Armitage, salah seorang responden yang dikutip telsetNews dari Reuters, Sabtu (12/4/2014).

Belum ada tanggapan dari para perusahaan teknologi tersebut mengenai survei ini. Namun para raksasa teknologi tersebut selama ini selalu menegaskan akan melindungi data user, dan mengklaim tidak sembarangan dalam memanfaatkannya.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI