Nokia Lumia 625

nokia-lumia-625-(2)

Desain

Sejak menjejakkan kakinya, Lumia konsisten menggunakan pilihan warna-warni yang cerah untuk menarik perhatian. Begitu juga dengan Lumia 625 berwarna merah yang mampir ke meja redaksi Telset kali ini. Smartphone ini bisa jadi pusat perhatian bila diletakkan di atas meja saat Anda berada di restoran.

 

 

Tongkat estafet Lumia diteruskan lewat seri Lumia 625. Masih sama dengan smartphone berbasis Windows Phone yang diproduksi Nokia, smartphone ini mudah dikenali sebagai s­eri Lumia. Bentuknya yang persegi dengan sudut membulat dan warna yang cerah menjadi ciri utama. Tubuh Lumia 625 didominasi oleh layar sentuh di sisi depan dan casing penutup berbahan policabonate yang memberikan kesan kesat ketika digenggam. Nokia tidak mendesain smartphone ini dalam model unibody. Meski begitu, Lumia 625 tetap terlihat manis dan sederhana.

Tubuh Lumia 625 terlihat besar bila berada di tangan wanita yang mungil. Tetapi ketika kami pegang, sebenarnya smartphone terasa mantap dan tidak terlalu berat.  Bodi yang ramping juga memudahkan Lumia 625 untuk masuk ke saku celana dan tidak memberikan kesan tebal.

Untuk membuka casing penutupnya, Anda harus sedikit mencongkel sudut bawah kiri atau kanan dan memisahkan tubuh dengan cangkangnya. Di balik casing penutupnya, tersemat slot untuk memasukan SIM card. Di bawah slot ini, bertengger slot untuk memori card. Meski tidak berdesain unibody, Anda tetap tidak bisa membuka baterai secara paksa.

Seperti seri Lumia lainnya, Nokia menyematkan tombol fisik di sisi kanan smartphone seperti tombol kunci dan power, tombol volume, dan tombol terdedikasi ke kamera. Sedangkan jack audio 3.5 mm ditempatkan di sisi atas Lumia 625 dan port microUSB untuk mengisi daya serta menghubungkan smartphone ini dengan perangkat lain.

Layar

Anda akan dimanjakan dengan layar seluas 4,7 inch berteknologi full touchscreen yang sangat responsif. Bahkan, layar Lumia 625 bisa menerima sentuhan meskipun Anda menggunakan sarung tangan. Kemurniaan layarnya tidak akan tercemar akibat goresan karena layar Lumia 625 telah dilindungi Gorilla Glass 2.

 

nokia lumia 625 (2)

 

Multimedia

Pada saat peluncuran Lumia 625, Nokia memamerkan fitur baru yang disebut Nokia Musik. Ini merupakan fitur menarik yang bisa Anda temui di Lumia 625. Lewat fitur ini, Anda bisa mendengarkan ratusan koleksi musik lokal maupun internasional yang diberikan Nokia secara gratis. Untuk menikmatinya, Anda harus masuk ke layanan mix radio. Pastikan Lumia 625 terhubung dengan koneksi internet berupa layanan data operator maupun WiFi karena Nokia Music merupakan fitur berbasis streaming.

Di dalamnya terdapat jajaran playlist yang sudah disusun oleh Nokia yang bekerja sama dengan Sony Music Indonesia seperti “menemani harimu”, “suasana hati”, “party mix”, “indie/alternative”, dan masih banyak lagi. Dengan adanya Nokia Music, Anda bisa menikmati lagu-lagu pilihan meskipun tidak menyimpannya di dalam Lumia 625. Anda hanya bisa melompati lagu sebanyak 6 kali yang akan di-reload setiap jam. Nah! Bila suka dengan lagunya, Anda pun bisa membeli lagu kesukaan untuk di simpan ke dalam smartphone dan didengarkan.

Bagi para concert holic, Nokia Music dapat membantu dalam menemukan pertunjukan musik yang digelar di dekat Anda. Layanan “gigs” akan menginformasikan waktu, nama acara, dan lokasi konser. Anda pun bisa menambahkannya ke reminder agar tidak terlupa. Nice!

 

wp_ss_20131118_0007

wp_ss_20131118_0006wp_ss_20131122_0002

 

 

 

 

 

 

 

 

Kamera

Yang tidak kalah seru dari Lumia 625 adalah fitur kamera. Resolusi yang ditawarkan tidak terlalu besar yakni 5 megapixel di sisi belakang. Sayangnya, Nokia hanya membekali Lumia 625 dengan kamera beresolusi VGA di sisi depannya sehingga kurang nyaman ketika Anda melakukan video call.

Kami cukup terkejut dengan kemampuan kamera Lumia 625 untuk memotret di kondisi cahaya yang rendah. Berkat sensor backside-illuminated, hasil foto menjadi lebih terang ketika Anda memotret lewat kamera utama maupun kamera depan. Namun jika terlalu gelap dan Anda butuh hasil jepretan yang jelas lewat kamera belakang, kami sarankan untuk memanfaatkan LED flash. Kinerja kamera saat merekam juga bisa diandalkan dan menghasilkan video 720p yang cukup memusakan. Agar aksi fotografi lebih seru, Anda bisa manfaatkan fitur lenses seperti Nokia Smart Cam, Nokia Glam Me, Camera360, dan aplikasi kamera lain.

Hadirnya tombol terdedikasi kamera yang duduk di sisi kanan smartphone memberikan kemudahan untuk membidik objek. Tombol ini akan meringkas langkah untuk mengakses kamera begitu Anda menemukan momen istimewa secara tidak sengaja.

Performance

Di bawah naungan prosesor dual core 1,2 GHz yang berpadu dengan RAM 512 kinerja Lumia 625 cukup berjalan mulus. Dengan begini, Lumia 625 mampu mengeksekusi aplikasi dan fitur standard tanpa kendala yang berarti. Kami menguji performa prosesor Lumia 625 dengan memaninkan Asphalt 7 sambil memutar musik. Laju games berjalan lancar dan lagu yang diputar juga tidak terputus-putus. Two tumbs up!

Baterai sebesar 2000 mAh yang disematkan ke dalam Lumia 625 mampu melayani penggunanya hampir seharian penuh. Nokia mengkalim baterainya dapat bertahan 90 jam untuk memutar musik. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir ‘nyawa’ Lumia 625 cepat habis.

wp_ss_20131118_0001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Benchmark

AnTuTu               : 7193

WP Bench           : 174, 74

Bench Free         : 7.9

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -