Nokia Ejek Google Maps Offline

Nokia HERE tweetJAKARTA – Nah, ini pasti akan terjadi. Setiap ada inovasi atau produk baru, pasti akan ada yang memuji atau mencemooh diantara perusahaan yang bersaing. Yup, hal itu kembali terjadi saat Google mengumumkan bahwa Google Maps bisa dipakai offline mulai akhir tahun ini. Mendengar hal itu, Nokia mengirimkan pesan ejekan kepada Google.

Kemarin saat berlangsungnya event konferensi tahuanan developer Google I/O, Google mengumumkan bahwa mereka akhirnya akan memberikan dukungan offline secara penuh dalam Maps untuk Android pada akhir tahun ini.

Kabar ini pun akhirnya sampai ke kuping orang-orang di divisi Nokia HERE Maps. Karena menganggap konsep offline telah lama digunakan dalam aplikasi pemetaan HERE Maps, maka pihak Nokia mengirimkan cuitan bernada ejekan di akun Twiiter mereka.

“#offlinemaps, am I right?” kicau orang-orang di HERE Maps di akun @here.

Tweet itu dikirimkan untuk mengolok-olok dukungan offline pada Google Maps yang baru akan dirilis akhir tahun ini. Nokia mengejek Google dengan mengingatkan bahwa mereka (Google Maps) saat ini masih tidak bisa apa-apa saat offline.

Harus diakui konsep offline maps yang akan dijalankan Google Maps mirip dengan Nokia HERE Maps. Dan Google juga bisa dibilang sangat telat mengadopsi konsep offline pada aplikasi pemetaan mobile-nya.

Seperti diketahui, Nokia HERE sudah menjalankan offline map sejak pertama kali diluncurkan. Bahkan pendahulunya, yang diketahui sebagai Nokia Maps, serta Ovi Maps, juga sudah memiliki fitur ini.

Lantas apa perbedaan dari kedua aplikasi pemetaan ini? Jika dilihat cara pengoperasiannya memang tidak ada bedanya, karena konsep yang dijalankan sama.

Untuk menggunakan peta offline HERE Maps, langkah pertama adalah dengan mengunduh data peta yang Anda pilih. Selanjutnya Anda bisa mencari tempat dan bernavigasi, meskipun tidak ada koneksi internet. Cara yang sama juga diterapkan untuk Google Maps offline.

Sekilas memang tidak ada bedanya. Tapi jika dilihat database tempat, points of interest, hingga tampilannya yang jauh lebih baik daripada Nokia HERE, terutama peta untuk beberapa negara, maka kita akan bisa tahu kelebihan dari Google Maps.

Saat ini mungkin HERE Maps bisa menertawakan Google Maps yang “meniru” konsep offline maps.  Tapi bukan tidak mungkin saat diluncurkan pada akhir tahun ini, Google yang akan balik tertawa melihat HERE keteteran menghadapi persaingan Google Maps yang sudah mendapat dukungan offline secara penuh.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0