telset

Nokia is Back! Siap Hadirkan Tablet dan Smartphone Android

Telset.id, Jakarta – Nokia is back! Mantan penguasa jagat ponsel ini resmi mengumumkan rencananya untuk kembali terjun ke pasar yang dulu pernah membesarkan namanya. Tapi tentu tidak dengan Symbian ataupun Windows Phone. Yup, Nokia akan menghadirkan smartphone dan tablet berbasis Android.

Langkah Nokia kembali ke pasar ponsel ini dimulai dengan pembentukan perusahaan baru – HMD global Oy. Perusahan yang baru didirikan dan berbasis di Finlandia ini akan dipimpin Arto Nummela sebagai CEO, yang adalah seorang executive senior Nokia di masa lalu dan saat ini mengelola sebagian besar dari divisi ponsel Microsoft .

Nokia akan berada di dewan direksi HMD dan akan menetapkan standar untuk kinerja dan kualifikasi merek, untuk memastikan bahwa semua produk Nokia harus sesuai dengan harapan konsumen terhadap perangkat Nokia, termasuk kualitas, desain dan inovasi yang berfokus pada konsumen.

HMD akan menyuntikkan dana USD 500 juta untuk pemasaran global selama tiga tahun ke depan. Dana tersebut akan digunakan untuk merevitalisasi nama Nokia, yang beberapa tahun belakangan ini mati suri.

Sementara untuk feature phone Nokia, FIH Mobile Limited yang merupakan anak perusahaan dari Foxconn, akan mengambil hak penggunaan brand Nokia dari Microsoft  pada semester kedua tahun ini dengan menggelontorkan dana sebesar USD 350 juta. FIH juga mengakuisisi Microsoft Mobile Vietnam, yang bersama dengan 4.500 karyawan bertanggung jawab untuk pembuatan featured phone Nokia.

“Kami sangat menantikan untuk membina kerjasama jangka panjang yang kuat dan dengan HMD global dan Nokia. Kami terkesan dengan pengalaman dan keahlian dari tim manajemen HMD dan berkomitmen untuk mendukung mereka dengan manufaktur, teknologi dan  rantai pasok kami, untuk menangkap peluang pasar bersama-sama di masa depan, ” jelas Vincent Tong, Chairman of FIH.

Microsoft sendiri akan terus mengembangkan Windows 10 Mobile dan terus mendukung ponsel Lumia seperti Lumia 650, Lumia 950 dan Lumia 950 XL, dan ponsel dari mitra OEM lainnya seperti Acer, Alcatel, HP, Trinity dan VAIO. [NM]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0