Daftar Negara dengan Internet Tercepat, Indonesia Urutan Berapa?

Tips video conference

Telset.id, Jakarta Internet menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tetapi tidak semua negara mampu menghadirkan internet dengan kecepatan tinggi. Berikut ini daftar negara dengan internet tercepat dan berapa urutan Indonesia?

Dilansir Telset.id dari Picodi.com pada Selasa (17/12/2019) terdapat infografis mengenai kecepatan internet di 37 negara di dunia. Semua negara tersebut menawarkan kecepatan internet dengan harga sekitar USD$ 20 atau Rp 280 ribu per bulan.

Hasilnya terdapat 6 negara teratas yang mampu memberikan kecepatan hingga 1 Gbps. Mereka adalah Hongaria, India, Latvia, Moldova, Rumania dan Ukraina.

“Kecepatan internet tertinggi, yang ternyata 1 Gbps, dapat ditemukan di Rumania, Moldova, India, Hongaria, Latvia, dan Ukraina, dengan harga di bawah USD 20 per bulan,” tulis Picodi.com.

{Baca juga: Diuji Coba, Kecepatan Internet 5G Smartfren Capai 8,7 Gbps}

Selain 1 Gbps ternyata tidak sedikit negara yang mampu menyediakan layanan internet dengan diatas 500 Mbps. Merujuk pada temuan tersebut negara seperti Rusia, Tiongkok, Lituania dan Polandia mampu memberikan internet hingga 890 Mbps dan 600 Mbps.

Kecepatan Internet 2019

“Jumlah uang sedemikian itu cukup untuk membeli paket internet super cepat di Rusia 890 Mbps, Cina dan Lithuania yang keduanya 600 Mbps,” tutur Picodi.com

Sedangkan Indonesia berada di urutan bawah. Kecepatan rata-rata internet di Indonesia sekitar 20 mbps dan berada di urutan 30 dari 37 negara. Indonesia berada diatas Uzbekistan, Peru dan Austria. Tetapi Indonesia kalah bersaing dengan negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand. Perlu diketahui bahwa Picodi.com melakukan penelitian mengenai tarif internet di dunia dengan mengambil sampel 62 negara.

{Baca juga: Pengguna Internet Indonesia Akses Medsos 3,5 Jam per Hari}

Kesemua negara tersebut adalah negara-negara G20, negara berbahasa Inggris dan Spanyol terbesar, serta negara-negara bekas Uni Soviet. Khusus untuk penelitian mengenai kecepatan internet terdapat 25 negara yang tidak dapat diperingkat, misalnya Australia, Brasil, Jerman, Swiss, Chili, Italia, Portugal, Amerika Serikat, dan Afrika Selatan. Alasannya disana fibre-internet unlimited menghabiskan biaya lebih dari USD$ 20 sebulan. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here