NASA Tunjukkan Foto Panorama Mars Beresolusi Tinggi

Panorama Mars

Telset.id, Jakarta  – Foto panorama Mars ini akan membuat Anda terkesan. Ya, NASA merilis foto panorama terbesar dan beresolusi tertinggi yang pernah diambil oleh penjelajah Curiosity.

Menurut New York Post, seperti dikutip Telset.id, Jumat (6/3/2020), ukurannya mendekati 1,8 miliar piksel. NASA sungguh memberikan tampilan hiper-realistis di Mars, terdiri atas total lebih dari 1.000 gambar.

{Baca juga: Ilmuwan NASA Temukan Markas Alien di Planet Mars}

Gambar-gambar tersebut diambil oleh penjelajah Curiosity selama empat hari, antara 24 November-1 Desember 2019. Foto-foto yang dipamerkan NASA menunjukkan wilayah Mars yang disebut “Glen Torridon”.

Ilmuwan proyek NASA Curiosity, Ashwin Vasavada, menjelaskan lebih lanjut soal gambar dalam video yang telah meraup lebih dari 530.000 tontonan di YouTube itu. “Seperti jendela ke dunia lain,” katanya.

Menurut Vasavada, gambar tersebut merupakan yang pertama kali selama misi mendedikasikan operasi untuk panorama stereo 360 derajat. Curiosity sempat merekam panorama 1,3 miliar piksel pada 2013.

Dengan hasil gambar berkualitas tinggi, pemirsa memungkinkan untuk memperbesar aspek yang jauh, termasuk tepi kawah tempat rover berada. Miliaran tahun yang lalu, kawah itu bukanlah medan tandus.

Dahulu kala, kawah tersebut merupakan lanskap danau dan sungai yang subur. Menurut NASA, perspektif 360 derajat telah membelokkan gambar, memberikannya sudut seperti karya lensa fisheye.

Planet Mars hingga kini masih banyak menyimpan misteri yang belum bisa diungkap para peneliti. Planet Merah itu dianggap sebagai planet yang paling mendekati kehidupan di Bumi.

{Baca juga: Ternyata, pH Air di Mars Serupa dengan Lautan di Bumi}

Sebelumnya, para peneliti di NASA mengungkapkan bahwa air yang pernah mengalir di Mars mengandung bahan sempurna untuk mendukung kehidupan. Hal itu diungkapkan oleh para ilmuwan yang melakukan penelitian terukur.

Pengukuran oleh penjelajah Curiosity NASA, yang telah menjelajahi Planet Merah sejak mendarat pada 2012 silam, menunjukkan bahwa kimiawi lautan di planet tersebut akan serupa dengan yang ada di Bumi.

Mars adalah tempat di tata surya dengan peluang terbaik untuk memiliki kehidupan. Es di permukaannya mengandung cukup air untuk menutupi seluruh planet Mars hingga kedalaman 114 kaki.

Namun, belum ada bukti yang ditemukan bahwa kehidupan pernah ada di Mars. Kendati begitu, para ilmuwan mencari tahu apa yang terkandung di sana dan apakah dapat mendukung kehidupan atau tidak.

Dilansir New York Post, makalah yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications merinci tentang pengukuran yang diambil dari sedimen di dasar danau sebelumnya di kawah Gale.

{Baca juga: 5 Planet Pengganti Bumi yang Bisa Dihuni Manusia, Siap-siap Pindah!}

Seperti dikutip Telset.id, Jumat (24/01/2020), data-data para ilmuwan menunjukkan bahwa air danau di Mars memiliki pH atau ukuran keasaman air serupa dengan yang ada di lautan di Bumi.

Artinya, air di Planet Merah bisa punya kandungan yang tepat untuk mendukung kehidupan mikroba. Sayang, penemuan ini tidak membawa para ilmuwan lebih dekat untuk menemukan kehidupan di Mars. [SN/HBS]

SOURCENew York Post
Previous articleTakut Dilengserkan, CEO Twitter Batal Tinggal di Afrika
Next articleCegah Virus Corona, Amazon Dkk Ajak Karyawan Kerja di Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here