NASA Suruh Pendarat Mars InSight Menabrak Sekop, Kenapa?

Pendarat Mars InSight

Telset.id, Jakarta  – Para teknisi NASA menyatakan telah memperbaiki pendarat Mars dengan menyuruhnya untuk menabrak sekop. Pendarat Mars InSight, yang saat ini ada di Planet Mars, menghadapi masalah tidak terduga.

Seperti dikutip Telset.id dari New York Post, Jumat (20/3/2020), masalah yang dialami Pendarat Mars InSight muncul ketika melakukan penggalian 15-inci dan terjebak di tanah. Berbagai upaya dilakukan oleh NASA untuk mengatasinya.

{Baca juga: 7 Fakta Menarik Robot InSight yang Dikirim ke Mars}

Setelah beberapa upaya yang gagal, pendarat InSight akhirnya bisa keluar dari masalah. Tim NASA menginstruksikan InSight untuk menabrakkan diri ke ke gagang sekop. Meskipun sedikit konyol, cara itu terbukti mujarab.

NASA mengungkapkan kabar tersebut melalui cuitan di Twitter. “Ada sedikit berita baik dari #Mars: pendekatan baru kami menggunakan lengan robot untuk mendorong mole tampaknya bekerja efektif!” kata NASA.

Popular Science menganggap operasi penyelamatan itu cukup berisiko. Sebab, cara tersebut bisa merusak tambatan, yang menyediakan kekuatan dan komunikasi dari pendarat, yang melekat di bagian belakang mole.

Sekadar informasi, misi peluncuran InSight adalah untuk menganalisis fluktuasi suhu di Planet Merah. Tujuannya untuk memahami seberapa mirip inti Mars dengan Bumi. InSight diluncurkan ke Mars pada Maret 2016 lalu.

Insight awalnya dikenal sebagai GEMS atau Geophysical Monitoring Station. Namanya kemudian berubah pada awal 2012 atas permintaan NASA. InSight menggunakan teknologi Phoenix, pendarat Mars pada 2008 silam.

{Baca juga: NASA Tunjukkan Foto Panorama Mars Beresolusi Tinggi}

Seperti diketahui, InSight wahana antariksa yang dikirim NASA sejak enam bulan lalu, akhirnya mendarat sempurna di permukaan Planet Mars. Peristiwa itu disambut kegembiraan luar biasa di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California, Amerika Serikat, Selasa (27/11/2018).

Dikutip Telset.id dari The New York Times, InSight diproyeksikan meneliti kandungan bawah tanah sisi terbuka Mars yang disebut Martian. InSight bakal pula meneliti jejak kegempaan dan formasi lapisan debu di planet tersebut.

Wahana InSight diluncurkan enam bulan lalu dari pangkalan udara Vandenberg. Ia menjalani penerbangan sejauh 300 juta mil. Begitu mendarat, InSight mengirim foto pertama dari permukaan Mars.

Sorak sorai dan histeria terlihat di pusat kontrol begitu para staf menyaksikan foto pertama kiriman InSight.  Jim Bridenstine, administrator NASA, memantau detik demi detik proses pendaratan wahana InSight. “Sungguh mengesankan,” kata Jim kepada NASA TV.

{Baca juga: InSight, Wahana Antariksa NASA Mendarat di Mars}

Sebulan ke depan, InSight akan meneliti segi geologis terkait pembentukan planet merah. Wahana itu mendarat di Elysium Planitia, lokasi dekat kutub utara Mars. InSight membawa dua instrumen besar penelitian. Pertama adalah paket peralatan seismometer dan penguji panas. [SN/HBS]

 

SOURCENew York Post
Previous articleResmi Melantai di Indonesia, Segini Harga Galaxy M31
Next articleLayanan CloudX Meeting Bebas Biaya dari Telkomsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here