NASA akan Kirim Robot Pemburu Air ke Bulan

Telset.id, Jakarta  NASA akan mengirim robot berukuran sebesar mobil golf ke Bulan pada tahun 2022. Tugasnya untuk mencari simpanan air di bawah permukaan. Hal itu merupakan upaya untuk mengevaluasi sumber daya vital sebelum manusia kembali ke Bulan pada 2024.

Menurut NASA, dikutip Telset.id dari Reuters, Minggu (27/10/2019), mengetahui keberadaan sumber air minum di Bulan sangatlah penting. Sebab, jika penjelajahan ke Bulan jadi dilakukan, astronot bisa menggunakannya untuk kebutuhan minum serta bahan bakar roket.

{Baca juga: Hiii Seram… Alien Mata-matai Manusia dari Asteroid Terdekat Bumi}

Robot Pemburu Air bernama VIPER ini akan berkendara bermil-mil di permukaan Bulan yang berdebu untuk melihat lebih dekat apa yang telah disebut-sebut oleh administrator NASA, Jim Bridenstine, selama berbulan-bulan sebagai kantong-kantong bawah tanah berisi ratusan juta ton es air.

“VIPER akan menilai di mana air es berada. Kami akan mengarakterisasinya dan melakukan pengeboran. Pasalnya, air es mewakili sesuatu yang penting untuk mendukung kehidupan ,” kata Bridenstine di Kongres Astronautika Internasional di Washington, Amerika Serikat.

Asal tahu saja, VIPER adalah kependekan dari Volatiles Investigating Polar Exploration Rover. Robot diperkirakan tiba di wilayah kutub selatan Bulan pada Desember 2022. Ia membawa empat instrumen untuk sampel tanah Bulan guna jejak hidrogen dan oksigen, komponen dasar air.

Dalam pengembangan di Pusat Penelitian Ames NASA di California, robot VIPER akan mencatat sekitar 100 hari data yang akan digunakan untuk menginformasikan peta sumber daya air global pertama di Bulan. Maklum, NASA sedang dalam proses memulai program Artemis.

{Baca juga: Gawat! NASA Prediksi Asteroid Ini Tabrak Bumi 58 Tahun Lagi}

Usaha tersebut dilakukan untuk melengkapi misi menempatkan orang kembali ke Bulan. NASA kali pertama mengirim astronot ke Bulan pada 1970an.Para ilmuwan telah mengamati air Bulan sebagai sumber daya utama untuk memungkinkan misi jangka panjang para astronot.

https://www.reuters.com/article/us-space-exploration-moon/nasa-plans-to-send-water-hunting-robot-to-moon-surface-in-2022-idUSKBN1X428L

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI