Mudik Lebaran 2019, Pemerintah Siapkan Infomudik.go.id

Telset.id, Jakarta – Pemerintah Indonesia bersiap dalam memberikan Layanan Mudik Lebaran 2019. Sejumlah rapat dan pertemuan koordinasi pun terus dilakukan, hingg akhirnya menghasilkan sebuah portal interaktif www.infomudik.go.id.

Dilansir Telset.id dari Laman Resmi Kominfo pada Senin (13/04/2019), portal interaktif ini disiapkan oleh Kantor Staf Presiden (KSP) bersama kementerian, lembaga dan BUMN terkait.

Portal infomudik.go.id dilengkapi tiga fitur utama, yakni akses jalan dan rute terbaik serta rest area. Selain itu, ada fitur terbaru mengenai klinik dan posko terdekat sepanjang jalur mudik. Masyarakat juga bisa memberikan informasi tempat kuliner dan wisata baru yang mereka temui.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo mengharapkan keberadaan portal yang didukung oleh Google Indonesia ini, dapat menyempurnakan penyampaian informasi terkait kondisi arus mudik.

{Baca juga: Antisipasi Mudik Lebaran, Tri Siapkan 37 Mobile BTS}

“Sehingga portal ini tidak bersifat statis, tapi terus berkembang sejalan dengan waktu libur Lebaran 2019, baik arus mudik maupun arus balik,” papar Darmawan dalam Peluncuran Awal infomudik.go.id di Ruang Rapat Utama Kantor Staf Presiden, Jum’at (10/05/2019). 

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan yang mendapat tugas khusus dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan pengelolaan pelayanan arus mudik Lebaran 2019, menyebut fasilitas sepanjang jalur mudik telah disiapkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Mudik tahun ini menjadi istimewa, pembangunan infrastruktur sudah tercapai dengan adanya Tol Trans Jawa.  Persiapan tempat istirahat dan pelayanan atau rest area juga makin ditingkatkan, seperti halnya menyiapkan SPBU dan juga memastikan bergeraknya ekonomi lokal yang menyediakan aneka UMKM kuliner lokal sesuai arahan Presiden Jokowi,” ungkap Darmawan.

{Baca juga: 3 Aplikasi yang Penting Saat Perjalanan Mudik}

Lebih lanjut, Darmawan, menambahkan khusus tahun ini, ada tambahan satu portal baru, yakni turtransjawa.id sebagai panduan kepada publik bagaimana memanfaatkan berbagai lokasi wisata di sepanjang jalan tol dari Merak hingga Probolinggo.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Plt. Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengukuran kualitas jaringan untuk memastikan  kesiapan operator dalam mendukung penyelenggaan layanan mudik Tahun 2019. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI