Gaming Test Oppo F11: Sanggup Main Game Terberat Android

Oppo F11

Telset.id, Jakarta – Meski tidak menyandang predikat nama “Pro”, tapi Oppo F11 tetap mempunyai kemampuan mumpuni untuk mendukung segala aktivitas para penggunanya. Smartphone ini ditopang oleh dapur pacu berperforma, seperti prosesor octa-core 2,1 GHz MediaTek Helio P70.

Ditambah juga dengan RAM 4GB, ROM 128GB, dan baterai berkapasitas 4,000 mAh yang didukung oleh teknologi VOOC Flash Charge 3.0. Tak heran, dengan spesifikasi tersebut, Oppo F11 mampu mencetak skor 147.458 poin di AnTuTu Benchmark versi 7.

{Baca juga: 4 Cara Sederhana Memperpanjang Umur Baterai}

Pertanyaannya sekarang, sanggupkah Oppo F11 menjalankan pekerjaan yang super berat, let’s say memainkan sejumlah game terberat di Android?

Nah, untuk menjawabnya tentu dibutuhkan serangkaian tes yang valid. Oleh sebab itu, Tim Telset.id telah melakukan gaming test Oppo F11 untuk menjawab apakah Oppo F11 mampu memfasilitasi pengguna untuk bermain game berat atau tidak. Berikut hasil tesnya.

Dalam melakukan tes, kami memainkan 3 game, yakni PUBG Mobile, F1 Mobile, dan Need for Speed No Limits yang bakal ditampilkan dengan apik di layar 6,53 inci beresolusi Full HD+ beraspek rasio 19,5 : 9.

Sementara tools untuk pengujian, kami menggunakan GameBench yang dengan mudah bisa Anda download di Google Play Store, dan terhubung langsung via browser yang mudah untuk diakses.

{Baca juga: Traveling Lebih Menyenangkan dengan Oppo F11, Ini Alasannya!}

Game pertama yang kami coba adalah F1 Mobile. Berdasarkan hasil benchmark, F11 dapat dengan lancar menjalankan game yang berat ini.

Sebab, smartphone mampu dengan stabil menjalankan F1 Mobile di rata-rata 23 fps. Terlihat dari hasil benchmark, terdapat beberapa penurunan framerate pada game yang diakibatkan oleh banyaknya objek karakter lain pada satu waktu atau lokasi.

Hasil benchmark dari GameBench

Tapi, hal itu tidak mengganggu jalannya permainan. Dan, kendala seperti lag dan lainnya yang bisa menurunkan pengalaman saat bermain game pun tidak kami temui, meski memang jalannya game tidak semulus 50 fps sampai 60 fps.

Catatan framerate Oppo F11 saat menjalankan F1 Mobile

Game kedua adalah PUBG Mobile. Secara default, Oppo F11 sanggup menjalankan PUBG Mobile di kualitas Medium atau HD.

Rata-rata, PUBG Mobile dapat dimainkan di 26 – 30 fps. Seperti F1 2019, terjadi penurunan framerate juga pada PUBG Mobile. Tapi, penurunan ini malah terjadi pada saat bagian menunggu pemain atau sebelum permainan utama berlangsung.

Catatan framerate Oppo F11 saat menjalankan PUBG Mobile

Sehingga saat permainan berlangsung, kami tidak merasakan penurunan frame rate secara signifikan ataupun gangguan yang merusak mood bermain game kami. Well done!

Game terakhir adalah Need for Speed No Limits. Game ini punya grafis dan beban yang hampir sama beratnya dengan F1 2019. Game tersebut mampu dijalankan secara stabil di rata-rata 30fps tanpa penurunan frame rate yang signifikan saat permainan berlangsung.

Hasil benchmark dari GameBench
Catatan framerate Oppo F11 saat menjalankan Need for Speed No Limits

Apabila melihat dari hasil benchmark, smartphone ini memang sudah mumpuni untuk memainkan game berat. Tapi, pasti ada satu pertanyaan tambahan lain yang muncul setelah ini, yaitu “Apakah Oppo F11 panas saat bermain game?”

Well, kami akan menjawabnya. Berdasarkan GameBench, saat bermain 3 game berat tadi, Oppo F11 cukup stabil suhunya di 37° sampai 40° C. Suhu ini terbilang normal, dan tidak akan mengganggu pengalaman saat bermain game, karena rasa tidak nyaman saat memegang body smartphone.

{Baca juga: Hands-on Oppo F11: Menarik, But More Affordable}

Apabila ditarik satu kesimpulan, smartphone ini kami nilai sanggup bermain berbagai game Android dari ringan hingga berat, karena sukses menjalankan 3 game terberat yang kami berikan. Ini patut diapresiasi, karena pada faktanya Oppo tidak secara spesifik memberikan sebutan smartphone gaming pada Oppo F11.

Sanggupnya smartphone tersebut bermain 3 game berat karena smartphone ini mempunyai Hyperboost yang dapat meningkatkan kemampuan dapur pacu dan efisiensi baterai. Fitur ini mendukung 11 game populer termasuk PUBG Mobile yang masuk dalam tes kami.

Game Space juga turut andil dalam hal ini. Kami bisa mendapatkan performa hebat dari smartphone saat bermain game. Dan, proses benchmark juga tidak terganggu dengan adanya notifikasi, karena GameBench berhasil memblokirnya sementara. (FHP)

Previous articlePaket Komputer Kuno Apple-1 Dilelang Rp 8,6 Miliar
Next articleMudik Lebaran 2019, Pemerintah Siapkan Infomudik.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here