NEWS

Seperti Film Knight Rider, Mobil Tesla Bisa Bicara

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta  – Bagi generasi 90-an, pasti tahu mobil canggih bernama KITT di film Knight Rider yang bisa bicara. Mungkin terinspirasi dengan film yang dibintangi aktor tampan David Hasselhoff itu, Elon Musk bakal membuat mobil Tesla bisa bicara dengan orang di sekitarnya.

Masalah dengan mobil listrik adalah suara mesin cenderung lebih tenang sehingga bisa menimbulkan masalah bagi pejalan kaki yang mungkin tidak dapat mendengarkannya.

Namun, Tesla punya jawaban untuk masalah itu. CEO Tesla, Elon Musk, mengungkapkan via Twitter bahwa pada masa mendatang mobil buatannya bakal bisa berbicara dengan orang atau manusia, seperti dalam mobil KITT di film Knight Rider.

{Baca juga: Wuss! Tambah Fitur, Mobil Listrik Tesla Makin Ngebut}

Melalui serangkaian speaker, mobil listrik buatan Tesla nantinya dapat berbicara dengan orang-orang di sekitar. Mobil ini bisa memberi tahu mereka supaya minggir sehingga bakal terhindar dari potensi kecelakaan.

Namun, dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Selasa (14/1/2020), tidak yakin apakah paket itu termasuk mengizinkan pengemudi untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di luar.

Jangan-jangan, suara yang keluar hanyalah rekaman? Apapun itu, yang jelas di Uni Eropa, sudah menjadi persyaratan hukum bagi mobil listrik untuk mengeluarkan suara demi alasan keamanan.

Karenanya, tidak mengejutkan bahwa perusahaan mengambil kebijakan tersebut dan menjalankannya. Tahun lalu, perusahaan sudah mengisyaratkan bahwa efek suara tambahan kemungkinan hadir di mobil.

{Baca juga: Bukti Lainnya Mobil Tesla Bisa Prediksi Kecelakaan}

Pertanyaan lebih lanjut, apakah kelengkapan itu juga akan tersedia di mobil keluaran lama? Mudah-mudahan iya sehingga pemilik cukup memperbarui perangkat lunak di mobil Tesla.

Mobil buatan Tesla ini memang canggih. Akhir tahun lalu sempat muncul video yang memperlihatkan mobil Tesla yang mampu memprediksi kecelakaan yang ada di depannya.

Video itu memperlihatkan sistem Forward Collison Warning yang ada di mobil Tesla berbunyi dan melakukan pengereman secara darurat.

Beberapa saat kemudian, prediksi mobil Tesla ini benar-benar terjadi, mobil di depannya menabrak mobil SUV yang berada di depannya.

Akibatnya, mobil SUV tersebut berguling-guling, sedangkan mobil yang menabrak, terpental ke bagian sisi kanan luar jalan tol.

Nah kali ini, ada bukti lainnya yang boleh jadi membuat Tesla merupakan salah satu merek mobil yang paling canggih di jagat ini, yakni bukti video jika mobil Tesla Model S mampu mencegah kecelakaan tidak hanya yang ada di depannya, tapi juga di belakangnya.

Adalah pemilik Tesla Model S, Jason Hughes yang berhasil merekam video di bagian belakang mobilnya yang memperlihatkan jika kendaraan miliknya bisa mencegah kecelakaan tabrak belakang yang mungkin bisa dialami dirinya. [SM/BS]

Sumber: Ubergizmo

Leave a Comment