Home NEWS Mobil Listrik Jaguar Punya Teknologi Suara Khusus

Mobil Listrik Jaguar Punya Teknologi Suara Khusus

Telset.id, JakartaJaguar menciptakan mobil listrik canggih bernama Jaguar I-Pace. Kendaraan tersebut tidak bersuara mesin. Karenanya, Jaguar I-Pace memiliki teknologi khusus untuk memperingatkan pengguna jalan yang tunanetra.

Mobil listrik Jaguar I-Pace berjalan tanpa suara mesin karena disemati teknologi Audible Vehicle Alert System atau AVAS.

Supaya tidak membahayakan, Jaguar I-Pace mendapatkan suara buatan yang akan terdengar jika melaju dengan kecepatan 20 kilometer per jam.

Menurut laporan Express, seperti dikutip Telset.id pada Minggu (21/10/2018), suara Jaguar I-Pace telah diuji oleh anggota Guide Dogs for the Blind, badan amal terkemuka di Inggris untuk orang-orang yang terkena dampak kehilangan penglihatan.

“Ketiadaan suara mesin tradisional di Jaguar I-Pace menciptakan masalah bagi pejalan kaki, khususnya tuna netra. Kerenanya, kami mengembangkan AVAS untuk Jaguar I-Pace guna memastikan keamanan mereka,” kata Iain Suffield, spesialis teknis Jaguar.

Insinyur Jaguar bekerja selama empat tahun untuk mengembangkan suara yang terdengar oleh pejalan kaki tetapi tidak dapat didengar dari dalam kendaraan. Namun, suara pesawat ruang angkasa sci-fi yang sempat dipilih harus ditangguhkan.

Menurut Jaguar, penangguhan suara tersebut patut dimaklumi. Sebab, pejalan kaki tuna netra justru melihat ke langit ketika Jaguar I-Pace melaju di jalan raya. Mereka mengira ada pesawat melintas. Mereka tidak tahu bahwa suara itu berasal dari mobil.

AVAS dipancarkan dari speaker yang terletak di belakang gril depan dan dapat didengar dari setiap arah. Suara akan meningkat dengan nada dan volume sesuai kecepatan kendaraan. AVAS tidak berfungsi saat Jaguar I-Pace melaju dengan kecepatan tinggi.

Sekadar informasi, Jaguar I-Pace rilis pada awal tahun ini, berbentuk SUV lima tempat duduk dan dilengkapi baterai lithium-ion 90 kWh. Tingkat kecepatan 0-100 kph hanya butuh 4,5 detik. Jaguar I-Pace memiliki jangkauan hingga 470 kilometer. [SN/HBS]

Sumber: Express.co.uk

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version