Mirip Shazam, YouTube Music Punya Fitur Pendeteksi Lagu

Telset.id, Jakarta – Sebelumnya jika kita mengetahui sebuah alunan lagu, namun tidak mengetahui judulnya, mungkin akan memanfaatkan aplikasi bernama Shazam untuk mengetahui judul lagu yang  ingin diketahui tersebut.

Shazam memang telah bertahun-tahun menjadi aplikasi pendeteksi lagu, namun saat ini YouTube music memiliki fitur serupa yang memungkinkan kita mengetahui lagu yang terlintas di pikiran.

Menurut laporan dari The Verge, YouTube telah meluncurkan pembaruan ke aplikasi musiknya di perangkat Android, dan pembaruan ini berisikan fitur pendeteksi lagu yang memudahkan kita mendeteksi lagu tertentu.

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari XDADeveloper, pengguna yang ingin memanfaatkan fitur pendeteksi lagu di YouTube Music harus melakukan pembaruan terlebih dahulu, setelahnya bisa mengetuk menu pencarian dan memilih tombol gelomabg suara di sebelah tombol mikrofon. Setelah itu, Anda bisa mengalunkan nada lagu atau mendekat mikrofon smartphone ke sumber suara.

Setelah itu, YouTube Music akan langsung mendeteksi lagu yang kita nyanyikan atau musik yang sedang diputar di sekitar.

Aplikasi ini akan menjelajahi basis datanya yang berisikan banyak lagu dan mencari lagu mana yang cocok dengan yang kita cari. Setelah itu, aplikasi akan langsung menampilkan lagu yang terkait.

Sementara itu, dalam pengujian fitur yang dilakukan oleh The Verge ditemukan bahwa YouTube Music memiliki rekam jejak yang baik dalam mengidentifikasi lagu dengan benar, dan bahkan dilaporkan lebih baik dibandingkan Shazam.

BACA JUGA:

Perlu dicatat juga bahwa selain di Android, fitur YouTube Music ini sudah mulai hadir di iOS secara berkala dan kemungkinan besar akan merata ke semua perangkat iOS dalam beberapa waktu ke depan.

Dengan hadirnya fitur baru ini setidaknya kita memiliki pilihan lain, selain aplikasi Shazam yang sudah hadir terlebih dahulu selama bertahun-tahun. Bagaimana sob, tertarik menjajal? [FY/IF]

 

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI