Merasa ‘Terganggu’, Facebook akan Cekal Adblocker

Telset.id, Jakarta – Semakin banyaknya pengguna Facebook yang menggunakan aplikasi adblocker, ternyata telah membuat Facebook gerah. Upaya menyingkirkan adblocker pun dilakukan Facebook, agar iklan dapat kembali dilihat oleh semua orang

Sejatinya aplikasi adblocker digunakan oleh pengguna untuk memblokir iklan-iklan yang mengganggu. Adblocker sendiri bekerja dengan cara memindai kode HTML pada setiap konten. Nah, kode tersebut akan memunculkan keterangan apakah konten bersifat organik atau bersifat sponsor.

Facebok rupanya merasa “terganggu” dengan kehadiran adblocker di layanan mereka. Untuk mengatasinya, Facebook akan mem-bypass adblocker sehingga dapat menampilkan iklan kepada semua orang. Facebook akan merombak cara menerjemahkan iklan pada pengkodean HTML.

Dalam penjelasannya di laman blog Facebook, jejaring sosial terbesar di dunia ini mengatakan bahwa iklan sangat penting untuk eksistensi dan mereka tidaklah seburuk yang dibayangkan.

Facebook mengakui banyak iklan negatif dan mengganggu kenyamanan pengguna. Namun mereka berdalih, tidak semua iklan buruk. Facebook mengklaim telah membuat iklan di layanan mereka semakin baik, dengan mengarahkan iklan yang sesuai minat pengguna.

Meski mengakui masih ada pengguna yang mengeluh tidak nyaman dengan iklan-iklan di Facebook, namun mereka tidak sependapat jika adblocker solusinya. Tim engineer di Facebook rupanya telah menyiapkan solusi agar membuat iklan tidak terlihat buruk di mata pengguna.

Caranya, Facebook akan mengajak para pengguna untuk membentuk sebuah tampilan iklan yang menjadi lebih menarik dan tidak mengganggu. Para Facebooker akan diberi kebebasan untuk mendapatkan iklan yang ingin mereka lihat dan minati saja.

Dengan memberikan kontrol penuh kepada pengguna, maka Facebook berharap pengguna akan menjadi lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi mereka tanpa merasa terganggu dengan kehadiran iklan-iklan tersebut.

Rencananya ini tidak hanya akan diberlakukan pada versi mobile, karena Facebook juga akan membawa rencana ini bagi para pengguna desktop yang menggunakan aplikasi adblocker.

Tidak disebutkan kapan Facebook mulai menerapkan rencana bypass adblocker mereka. Namun yang pasti, aplikasi adblocker yang Anda gunakan sebentar lagi tidak akan berguna lagi.[HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -