Telset.id, Jakarta – Apakah Anda tahu merek paling berharga di dunia sekarang ini? Apabila jawabannya Apple dan Google, jawaban tersebut salah. Sebab, menurut peringkat 2019 BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands, Amazon adalah merek paling berharga di tahun ini.
Peringkat tersebut dihitung oleh WPP dan Kantar. Dari penghitungan mereka, dikutip Telset.id dari phoneArena, Senin (24/06/2019), Amazon merupakan merek paling bernilai dengan valuasi USD 315 miliar atau sekitar Rp 4.458 triliun.
Tetapi, dalam laporan tersebut, Amazon dianggap sebagai pengecer perusahaan retail, bukan perusahaan teknologi.
{Baca juga: Permainan Monopoli Ini Pakai Asisten Suara}
Karenanya, Apple menggusur tempat Amazon sebagai perusahaan teknologi paling bernilai. Sesuai penghitungan, Apple punya valuasi USD 309,5 miliar atau lebih kurang Rp 4.380 triliun.
Google berada di posisi dua dengan nilai atau valuasi USD 309 miliar atau sekira Rp 4.372 triliun. Peringkat selanjutnya, secara berturut-turut adalah Microsoft (USD 251,2 miliar), Facebook (USD 159 miliar), serta AT&T USD 108 miliar.
Nilai merek Microsoft naik 25 persen dari tahun lalu. Sementara Apple dan Google, nilai keduanya naik 3% dan 2 persen dibandingkan tahun lalu. Total, nilai merek di sektor teknologi naik empat persen secara tahunan.
{Baca juga: Amazon Game Studios Pecat Puluhan Karyawan, Kenapa?}
Perusahaan-perusahaan teknologi lain di dunia yang masuk daftar merek bernilai adalah Verizon, Xfinity, T-Mobile, China Mobile, Intel, Samsung, YouTube, Instagram, Adobe, Huawei , Vodafone, LinkedIn, Xiaomi, serta Hewlett Packard.
Xiaomi masuk daftar 100 merek paling bernilai untuk kali pertama dengan menempati posisi 74. Valuasinya mencapai USD 19,8 miliar atau lebih kurang Rp 280 triliun. Instagram tercatat mengalami kenaikan tertinggi, yakni 95 persen. (SN/FHP)
Sumber: phoneArena