Lollipop Makin Populer, Kitkat Masih Teratas

Android logoJAKARTA – Sejak diluncurkan setahun lalu, penyebaran sistem operasi mobile Android Lollipop mulai menunjukan peningkatan. Menurut laporan terbaru yang dilansir laman developer Android, sistem operasi Android Lollipop menguasai 18,1% pangsa pasar.

Android terbaru ini sudah tersedia dalam dua versi, yakni versi 5.0 dan 5.1. Secara keseluruhan, Android Lollipop tercatat menguasai 18,1% dari total perangkat Android yang ada di pasaran. Jika dirinci, Android Lollipop versi 5.0 menguasai 15,5% dan versi 5.1 kebagian 2,6%.

Sementara itu, Android 4.4 Kitkat tercatat sebagai versi Android dengan pengguna paling banyak adalah 4.4 KitKat dengan 39,3% dari total perangkat Android yang tersebar di pasaran. Posisi di bawahnya ditempati Android Jelly Bean dengan menguasai 33,6%.

Posisi selanjutnya ditempati Android 2.3.3 – 2.3.7 Gingerbread dengan 4,6%, diikuti versi 4.0.3 – 4.0.4 Ice Cream Sandwich dengan 4,1%. Menariknya, Android “versi jadul” seperti Android 2.2 Froyo masih ada penggunanya sebanyak 0,3%. Google tidak memasukkan persentase distribusi Android yang kurang dari 0,1 persen.

“Data ini dikumpulkan dari aplikasi baru Google Play Store, yang mendukung versi Android 2.2 ke atas. Jadi perangkat yang menjalankan versi Android ‘jadul’ tidak dimasukan,” jelas keterangan Google, seperti dilansir telsetNews dari Phone Arena, Rabu (5/8/2015).[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here