LinkAja Dukung Sektor Pariwisata di Pantai Pandawa

Telset.id, Jakarta LinkAja mendukung industri pariwisata Indonesia untuk bangkit di era new normal. Caranya, dengan menghadirkan layanan transaksi non-tunai LinkAja di Pantai Pandawa, Bali.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Selasa (14/07/2020), LinkAja hadir sebagai pilihan pembayaran digital untuk beberapa layanan di Pantai Pandawa.

Misalnya, LinkAja bisa digunakan sebagai alat pembayaran untuk membeli tiket masuk, wahana, dan berbagai sajian kuliner di salah satu kawasan pantai terbaik di Bali tersebut.

{Baca juga: Pencairan Modal PNM Mekaar Bisa Melalui LinkAja}

Solusi pembayaran elektronik ini merupakan hasil kerja sama antara LinkAja dengan Bank Mandiri dan Bank Indonesia sebagai penyedia layanan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Layanan QRIS memungkinkan seluruh transaksi yang ada di ekosistem Pantai Pandawa untuk menyediakan layanan pembayaran melalui satu QR Code yang bisa digunakan di lebih dari satu operator pembayaran.

Direktur Utama LinkAja, Haryati Lawidjaja, mengatakan bahwa kehadiran LinkAja dapat meningkatkan efisiensi transaksi secara signifikan.

Hanya dengan metode pindai kode QR yang terdapat pada gerbang masuk, berbagai wahana atraksi dan kios pedagang bisa diterhubung dengan LinkAja, sehingga transaksi pembayaran bisa dilakukan dalam waktu singkat, mudah, dan aman.

Transaksi melalui LinkAja juga dapat mencegah potensi penyebaran Covid-19. Sebab, transaksi tidak menggunakan uang fisik lagi.

“Kami harap kemudahan metode pembayaran dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bertransaksi, karena meminimalkan penggunaan dan penyebaran uang tunai di area ekosistem pantai,” tutur Haryati.

{Baca juga: Pencapaian Mentereng LinkAja Selama Setahun Beroperasi}

Lebih lanjut, Haryati berharap agar kehadiran LinkAja dapat mendorong industri pariwisata untuk bangkit di era new normal dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan dari pemerintah.

“Semoga solusi yang memudahkan ini dapat kembali meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata,” tambah Haryati.

Di kesempatan lain, Regional CEO Bali & Nusa Tenggara, Herinaldi, menyatakan kalau layanan ini didukung oleh Pemprov Bali dan Bank Indonesia, serta masyarakat adat setempat sehingga diharapkan proses sosialisasinya dapat berjalan dengan lancar.

{Baca juga: LinkAja Layani Belanja Online di Pasar Tradisional}

“Harapannya, keberadaan sistem pembayaran nontunai ini akan menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang akan menghabiskan waktu di Pantai Pandawa,” ujar Herinaldi.

Perlu diketahui, Pantai Pandawa yang berlokasi di Kabupaten Badung, Bali, telah resmi dibuka untuk umum pada tanggal 9 Juli 2020.

Berbagai protokol ketat dalam perlindungan kesehatan serta adaptasi perilaku di area wisata pun dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 tersebut.

Kawasan Pantai Pandawa juga salah satu dari beberapa objek wisata di Bali yang dapat menggunakan LinkAja sebagai metode pembayarannya, selain Bali Zoo, Bali Bird Park, dan Bali Safari.

{Baca juga: LinkAja Ikut Ramaikan Pekan QRIS Nasional 2020}

Mendukung Industri Lain di Bali

Berbagai ekosistem lainnya di Bali didukung sistem transaksi dari LinkAja, yaitu pusat oleh–oleh seperti Pie Susu Asli Enak, Krisna Oleh-oleh, Harum Bali Lapis Legit, dan The Keranjang Bali.

LinkAja juga hadir untuk pasar tradisional, seperti Pasar ikan Kedonganan dan Pasar Sidhu. Tak lupa, layanan cashless pun dihadirkan di retail modern Tiara Gatzu Supermarket, Tiara Dewata, dan Toko Soputan Fresh yang berada di pulau Dewata tersebut.

LinjAja pun bisa dimanfaatkan untuk layanan transportasi lokal, rumah sakit, dan kuliner, seperti Karangasem Ojek Online (K-Jek), Gianyar Ojek Online (Giajek), RSIA Puri Bunda Denpasar Bali, Goddes Bakery, Mitos Kopi, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini, LinkAja telah dapat digunakan di lebih dari 200 ribu merchant di seluruh Indonesia, 466 pasar tradisional, lebih dari 14 ribu partner donasi digital dan 1.569 e-commerce.

{Baca juga: Bayar Pengiriman Paket JNE Kini Bisa Lewat LinkAja}

LinkAja juga menjadi pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja, pulsa dan paket internet, token listrik PLN, tagihan rumah tangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu ATM.

Selain itu, LinkAja dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI