Libur Natal dan Tahun Baru, XL Perkuat Jaringan Data

Foto: Hendra Wiradi/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan data pada sekitar 1.500 site yang meng-cover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik selama libur di kedua momen tersebut.

Peningkatan kapasitas itu dilakukan untuk memastikan jaringan mereka benar-benar aman saat terjadi peningkatan trafik komunikasi selama libur Natal dan Tahun Baru.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata.

Selain itu, berbagai upaya juga telah disiapkan, antara lain dengan penempatan sejumlah mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatra, Jakarta, pusat Kota Bandung serta di jalur tol trans Jawa, serta di Pangandaran.

“Kapasitan jaringan yang tersedia di hari biasa sudah cukup besar dan akan bisa mengatasi potensi kenaikan trafik yang akan terjadi. Kami hanya ingin memastikan semua akan aman berapapun kenaikan trafik yang akan terjadi,” kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya

Yessie mengungkapkan, tim teknis XL di lapangan maupun dari fasilitas monitoring di XL Axiata Tower akan terus bersiaga, memantau dinamika trafik di semua lokasi layanan XL, termasuk di luar Jawa.

{Baca juga: Jaga Kualitas Layanan, XL Axiata Resmikan Pusat Monitoring Baru}

Menurutnya, salah satu yang juga menjadi perhatian tim XL adalah jaringan di sepanjang jalan tol, Jawa dan Luar Jawa. Ia mengatakan, keberadaan jalan tol yang baru dan semakin menghubungkan kota-kota utama di sepanjang Pulau Jawa, akan mendorong warga untuk bepergian di waktu libur panjang.

“Perpindahan masyarakat dari satu kota ke kota lain akan semakin masif. Maka kebutuhan masyarakat dan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data juga akan berpotensi meningkat di semua area,” ujar Yessie.

Selain itu, lanjutnya, XL juga memberikan perhatian lebih pada area-area yang akan menjadi tujuan utama liburan akhir tahun, yaitu lokasi wisata dan pusat-pusat perbelanjaan. Setiap tahun selalu ada lokasi wisata baru, yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air.

Masyarakat, termasuk warga Ibu Kota Jakarta, tertarik mengunjunginya, setelah tersiar melalui berbagai media sosial. Penguatan sinyal sudah dilakukan di BTS-BTS yang meng-coverjalan tol di sepanjang Pulau Jawa. Bahkan untuk jalur tol trans Jawa, cakupan layanan XL Axiata 4G LTE sudah mencapai 98%.

Seperti masa liburan panjang Lebaran, trafik layanan yang diprediksi akan mengalami kenaikan dibandingkan hari-hari biasa adalah penggunaan layanan data. Layanan media sosial, dan Instant Messaging seperti Whatsapp, Instagram dan Line termasuk didalamnya video streaming akan meningkat.

Pelanggan akan semakin aktif untuk mengunggah foto dan video yang menunjukkan pengalaman berlibur dari kota atau lokasi yang menjadi tujuan wisata di media sosial yang dimiliknya.

Selain itu, layanan penunjuk arah dan peta, seperti Waze dan Google Map akan banyak dimanfaatkan masyarakat untuk mencari jalur terbaik menuju kota atau lokasi tujuan.

Oleh karena itu, kata Yessie, kemampuan jaringan memang harus menjadi perhatian khusus, termasuk juga kemampuan XL dalam mengatur trafik secara simultan.

Teknologi pengaturan jaringan yang diterapkan oleh XL antara lain mampu mengalihkan trafik penggunaan ke jalur yang lebih longgar. Selain itu, dari pusat monitoring jaringan, XL juga bisa mendeteksi lokasi-lokasi yang mengalami kenaikan trafik.

“Dengan begitu kami bisa mengantisipasi penyediaan jaringan yang memadai akan bisa dilakukan sejak dini,” imbuhnya.

Merujuk pada trend tahun sebelumnya, maka trafik layanan khususnya layanan data diperkirakan akan mengalami kenaikan pada malam tahun baru dan pada periode liburan panjang.

Adapun area-area yang diperkirakan akan mengalami kenaikan trafik adalah area-area wisata dan pusat keramaian di beberapa kota besar, diantaranta di Carita, Bandung, Medan dan sekitaran Berastagi, Denpasar, Surabaya, Banjarmasin serta Makasar.

Secara keseluruhan untuk periode Natal dan Tahun Baru kali ini, untuk trafik layanan suara diperkirakan akan relatif stabil/stagnan, kemudian layanan SMS meningkat sekitar 4% dan khusus untuk layanan data diperkirakan meningkat sekitar 15-20%.

{Baca juga: XL Axiata Dukung Ajang “Republic of IoT 2018”}

Pada periode liburan panjang Natal dan berlanjut Tahun Baru 2018 yang lalu, pelanggan XL banyak mengisi liburanya dengan mengakses layanan data melalui beragam sosial media.

Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan Youtube masih menjadi tempat masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk menghabiskan aktivitasnya di dunia digital.

Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15%, di mana di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi Whatsapp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70%.

Saat ini jumlah pelanggan XL mencapai sekitar 53,9 juta pelanggan, dengan jumlah pelanggan data mencapai sekitar 80% dari total pelanggan, yang didukung dengan infrastruktur jaringan sebanyak lebih dari 116 ribu BTS termasuk lebih dari 78 ribu BTS data (3G & 4G) di berbagai wilayah di Indonesia.

XL juga memiliki jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km. Saat ini jangkauan layanan data (3G & 4G) XL Axiata juga telah melayani lebih dari 422 kota/kabupaten di Indonesia. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here