Lho, Bos Google kok Pakai iPhone?

Telset.id, Jakarta – Google dan Apple merupakan dua rival yang selalu saling mengklaim produk mereka yang terbaik. Tapi benarkah fanatisme berlaku untuk para petingginya? Kelihatannya tidak. Eric Schmidt, Chairman Alphabet, perusahaan induk Google, terbukti lebih “menyukai” iPhone ketimbang smartphone Android.

Mantan CEO Google yang kini menjabat sebagai Chairman Alphabet Eric Schmidt yang sedang berada di Korea Selatan untuk menghadiri sebuah acara yang dibuat Google, tertangkap kamera sedang menggunakan iPhone.

Schmidt berada di Seoul untuk menghadiri ajang pertandingan DeepMind AlphaGo melawan pemain Go profesional di Korea Selatan. Ajang tersebut digunakan untuk menguji inovasi teknologi AI (Artificial Intelligence) milik Google dan dimenangkan oleh DeepMind AlphaGo.

Dan pada saat acara konferensi pers acara tersebut, Schmidt tertangkap kamera sedang menggunakan iPhone untuk mengambil gambar. Hal itu jelas menjadi pertanyaan banyak orang, karena sebagai seorang petinggi Google, Schmidt seharusnya memakai smartphone Android, bukan iPhone yang adalah buatan Apple.

Eric Schmidt, Chairman Alphabet pakai iPhone 2Namun Schmidt memang memiliki catatan buruk soal loyalitas pada produk Google. Jauh sebelum kejadian di Seoul ini, Schmidt juga pernah terlihat menggunakan handset BlackBerry pada tahun 2009 lalu.

Tapi kala itu Schmidt bisa berdalih karena smartphone Android belum sepopuler seperti sekarang, sementara BlackBerry masih menjadi handset favorit bagi para petinggi perusahaan di seluruh dunia.

Menariknya, dua tahun kemudian kejadian itu terulang lagi saat Schmidt berkunjung ke Indonesia. Schmidt nampak masih menggunakan handset BlackBerry Bold 9780, padahal saat itu Android telah makin populer dan mulai mengusai pasar smartphone dunia. Kali ini Schmidt berdalih lebih suka memakai handset dengan keyboard fisik.

Schmidt menjabat sebagai CEO Google hingga tahun 2011, kemudian ia mengundurkan diri dan jabatannya diambil alih oleh co-founder Google Larry Page. Selanjutnya Schmidt menjabat sebagai Chairman Alphabet, perusahaan induk baru Google.

Sebelum itu, Schmidt pernah menjabat sebagai direksi di Apple mulai tahun 2006. Dia dipaksa untuk mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun 2009, karena persaingan antara Apple dan Google semakin memanas, terutama di ranah smartphone.

Loyalitas Schmidt pada produk Google, khususnya smartphone Android patut dipertanyakan. Karena sejatinya saat ini smartphone Android justru menguasai pasar, mengungguli iPhone. Entah alasan apalagi yang akan diberikan Schmidt. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here