LG G Flex

LG-G-Flex“Tidak hanya dapur pacunya yang menjadi keunggulan smartphone ini, melainkan bodi melengkungnya yang eksotis ”

Knock On

Untuk pengoperasian, Anda tidak perlu repot mencari tombol power. Tetapi Anda bisa menggunakan fitur Knock On. Fitur ini dihidupkan dengan hanya mengetuk layarnya secara lembut sebanyak dua kali sehingga dalam posisi standby tanpa keribetan menekan tombol power berulang kali, dan selanjutnya Anda bisa langsung mengoperasikan smartphone Android ini.

Quick Memo

LG G Flex dilengkapi dengan fitur Quick Memo. Kalau dalam seri sebelumnya Anda bisa mengaksesnya langsung dengan menekan tombol power, kali ini G Flex hanya memberikan akses jika Anda sudah membuka homescreen pada aplikasi yang dipergunakan untuk coret-mencoret ini.

Quick Remote

Dilengkapi dengan Quick Remote, kelebihan fitur ini tidak hanya digunakan untuk produk LG saja. Anda bisa memanfaatkannya untuk pengoperasian brand lain juga. Cara juga sangat mudah tinggal pilih barang dengan brand yang mau dikendalikan.

lg_g_flex_renderDesain

LG G Flex memang memiliki struktur bodi yang berbeda dari semua smartphone Android yang selama ini sudah diluncurkan. Dengan ukuran bodi sebesar 160.5 x 81.6 x 8.7 mm, sudah barang tentu G Flex menjadi pusat perhatian jika Anda gunakan.

Ketika pertama kali memegang G Flex, sangat terasa lengkungan pada bodi dan layarnya. Kami coba bolak-balikan keseluruhan smartphone besar ini untuk mendapatkan rasa nyaman. Dan memang sangat pas ketika digunakan untuk bertelepon. Akan tetapi ketika kami gunakan untuk bermain menggunakan satu tangan, ponsel ini terasa kurang nyaman. Apalagi ketika diletakkan pada kantung celana, ponsel jumbo ini terasa terlalu besar, sehigga dapat dipastikan kurang nyaman.

Dengan ukuran yang cukup tipis 8.7mm, G Flex juga memiliki sentuhan halus pattern pada bodi belakang. Alhasil, meski tidak memiliki material plastik dan bazel crom metal, tampang G Flex tetap terlihat sangat mewah dan istimewa.

“Meski kontruksi plastik bukan berarti G Flex terasa lebih rendah daripada semua chassis logam HTC One Max”

Layar

Tidak hanya bodi yang melengkung, LG Juga melengkapi G Flex dengan layar 6 inci melengkung juga. Kalau dibandingkan ukurannya sama dengan Nokia Lumia 1520 dan hanya dikerdilkan oleh raksasa Sony Xperia Z Ultra dengan layar jumbonya 6.4 inci.

Sayangnya G Flex tidak bisa bersaing dengan para kompetitornya untuk urusan ketajaman layar, pasalnya dengan resolusi 720 x1280 tidak dapat bersaing dengan smartphone yang menggunakan Full HD.

G Flex hanya memiliki kerapatan 245ppi pixels, sehingga setidaknya lebih miskin jika dibandingkan dengan kerapatan dari One Max, Lumia 1520 dan Galaxy Note 3. Anda akan sangat merasakannya ketika melihat smartphone dengan Full HD dan kemudian berpindah melihat layar G Flex. Padahal LG G2 sudah memiliki 424ppi. Sehingga Anda akan merasakan gambar tidak terlalu tajam, icon dan text agak sedikit kabur, semua itu memang mengurangi pengalaman kami ketika menggunakan.

Pengelolahan Satu Tangan

Seperti yang sudah kami soroti tadi, LG G Flex merupakan smartphone Android dengan bodi besar yang akan menjadi sedikit rumit jika menggunakan satu tangan untuk pengoperasiannya. Tetapi sepertinya LG sudah mengurangi kesulitan tersebut dengan beberapa fitur yang berguna.

Pertama dengan kontrol Knock On. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengaktifkan layar tanpa harus ribet mencari tombol power yang letaknya dibelakang. Tetapi uniknya, fitur ini tidak akan berfungsi ketika Anda sedang saat browsing.

G Flex juga memiliki gesture untuk menjawab panggilan. Saat Anda mengambil perangkat dan diletakan pada telinga, maka akan secara otomatis volume nada dering akan mengecil, terutama ketika Anda mengambilnya dan membungkam panggilan dengan hanya memutar smartphone ini keatas.

Interface

Secara keseluruhan masih hampir sama dengan G2, dengan beberapa penambahan saja. Ada dua Theme yang bisa dipilih, Flex dan LG. Theme Flex tentu merupakan antarmuka ekslusif untuk G Flex. Perbedaan ada pada aksen warna, ikon, efek lock screen dan sebagainya. Sementara antarmuka LG membuat tampilan antarmuka sama persis dengan G2.

Penampilan lock screen sangat atraktif dan memanjakan mata Anda sebagai pengguna G Flex. Ada efek Swing Lock, jadi jika Anda menggerakkan ponsel secara vertikal, maka layar Lockscreen akan ikut bergerak mengikuti pergerakan Anda. Ini masih ditambah beberapa efek yang bisa digunakan saat unlock layar. Lockscreen bisa ditambahkan efek animasi cuaca, jika cuaca hujan maka layar lockscreen akan dipenuhi embun. Tidak hanya cantik dan atraktif, lock screen juga memiliki banyak kegunaan, bisa memunculkan akses pintas aplikasi tertentu serta informasi pemilik.

Layar Homescreen maksimal bisa 7 halaman dengan pengaturan themes, wallpaper, efek swipe, looping dan memungkinkan mode landscape. Tahan tombol Home selama beberapa saat maka Anda akan terbawa ke Recent Apps sekaligus Task Manager, dimana Anda bisa menghentikan semua aplikasi yang sedang dijalankan. LG G Flex memiliki fitur gestur 3 jari, untuk berpindah-pindah aplikasi dengan cepat, swipe layar ponsel menggunakan 3 jari Anda secara bersamaan.

“LG G Flex Menjalankan Android 4.2.2 jelly Bean, sedikit mengecewakan pasalnya Google sudah Versi 4.4 Kitkat”

Hardware

LG G Flex menjalankan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean. Sedikit mengecewakan. Karena Google sudah mengeluarkan versi Android 4.3 KitKat. Versi Android terbaru ini bahkan sudah mulai dihadirkan untuk semua perangkat Android. LG memang dikenal sebagai vendor yang termasuk lama melakukan update software.

Untuk dapur pacunya, G Flex menggunakan prosesor 2.26GHz quad-core dan RAM 2GB. Dipastikan dengan spesifikasi seperti itu, ponsel melengkung ini tidak akan terkendala menjalankan pengoperasian dan bermain games. Kami juga mencoba game dengan kapasitas lebih dari 1GB yakni “SSX”, hasilnya kami tidak mendapatkan layar lag atau patah-patah. Boleh dikatakan main games ini sangat mulus, So Nice!

13 MP Camera

Bagi para penggemar foto pemula, G Flex sudah memberikan berbagai pilihan modus seperti Shot&Clear, Dynamic tone, Panorama, VR Panorama, Burst shot, Beauty shot, Dual camera, Time catch shot, intelegent auto, Sports, Night.

LG G Flex tidak memiliki tombol shutter yang benar-benar dipergunakan untuk mengambil gambar. Anda hanya akan mendapatkan tombol virtual dalam layar atau Anda bisa menggunakan tombol volume dengan konsekuensinya Anda tidak bisa menjalan fasilitas zoom ini terjadi ketika Anda menggunakan kamera depan.

Untuk mempermudah penggunaannya, LG menanamkan fitur Cheese shutter, dimana Anda dapat mengambil gambar hanya dengan mengatakan seperti Cheese, Smile, Whiskey, Kimchi dan LG. Cukup menarik apalagi buat yang gemar foto selfi.

Untuk hasil foto pada kondisi di luar ruangan memang tidak menjadi masalah, karena hasilnya sangat memuaskan. Sedangkan untuk pemotretan cahaya rendah masih sedikit tambal sulam. Untuknya pencahayaan dari LED flash pada jarak 3 meter masih terbilang membantu. Sedangkan untuk autofokus dan shutter speed kecepatannya sangat membantu Anda memotret cepat.

Video

Meski tidak ada teknologi OIS pada kameranya, namun untuk perekaman video justru lebih lengkap dengan resolusi 4K Ultra HD (3840×2160 piksel). Perekaman video Full HD 60 fps-nya pun lebih bagus dari G2. Ada beberapa modus dalam merekam video, yakni Normal, Live Effect (mengubah wajah objek menjadi bermata besar, bermulut besar dan sebagainya), Dual Recording dan Tracking Zoom (memilih sebagian area pada viewfinder untuk dizoom ketika sedang merekam video). Selain itu ada fitur Audio Zoom. Saat merekam video, Anda juga bisa menyalakan lampu LED flash dan mematikannya secara manual.

Hasil perekaman video bagus dan tajam. Tidak usah dipertanyakan karena resolusi maksimalnya 4K. Sayangnya resolusi layar yang 720p tidak memberikan pengalaman yang baik bagi Anda penggunanya.

“Resolusi 4K UHD menjadikan hasil rekaman video menjadi tajam dan memberikan pengalaman baru Anda dalam menonton”

Multimedia

Sebuah layar lebar, prosesor yang kuat dan segala macam pilihan konektivitas LG G Flex belum jadi 100 persen smartphone entertaiment. Tetapi potensi yang ada pada layar lengkungnya membuat LG memberikan satu aplikasi seperti Quick Theather, yang merupakan hub untuk foto dan video serta penyedia link ke youtube.

Anda dapat memulai Quick Theatre dengan menyeret dua jari pada layar. Sayangnya G Flex tidak dibekali dengan memori yang teramat besar tetapi hanya 32GB tanpa Memori eksternal.

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI