Lenovo Jajaki Pembelian HTC di 2014

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta – Lenovo dikabarkan tertarik untuk mengakuisisi HTC. Kedua petinggi perusahaan tersebut dilaporkan tengah mangadakan pembicaraan serius untuk bisa mewujudkan rencana akuisisi yang kemungkinan terjadi tahun depan.

Sebelumnya pada bulan Agustus lalu juga telah dilaporkan bahwa petinggi kedua perusahaan tersebut telah melakukan pertemuan terkait negosiasi pembelian HTC oleh Lenovo.

Dalam pertemuan di bulan Agustus itu masih belum ada keputusan final yang diambil, karena masih alotnya proses negosiasi harga. Pihak Lenovo sendiri masih bungkam soal harga yang diajukan untuk bisa menguasai perusahaan asal Taiwan itu

Namun, seperti dilansir PhoneArena, Rabu (9/10), beberapa sumber menyebutkan proses negosiasi sudah masuk dalam tahap lanjut. Kemungkinan jika proses negosiasi ini berjalan lancar, maka diprediksi akan diumumkan paling cepat pada semester pertama tahun 2014 mendatang.

HTC memang saat ini masih terus terbelit masalah keuangan akibat lesunya penjualan produk mereka. Dalam laporan keuangannya di kuartal ketiga tahun 2013, HTC menelan kerugian mencapai Rp 1,1 triliun.

Sejumlah analis berpendapat jika rencana akuisisi itu berhasil, maka Lenovo akan mendapatkan banyak benefit setelah mengambil alih perusahaan pimpinan Peter Chou tersebut. Setidaknya Lenovo akan diuntungkan dengan banyaknya paten teknologi milik HTC yang bisa mereka kuasai.

Nasib Lenovo memang jauh lebih bagus dibanding HTC. Bisnis perusahaan asal China ini terus meraksasa sebagai produsen ponsel terbesar di China dan juga berhasil menggusur HP sebagai produsen laptop dan PC terbesar di dunia.

Pembelian HTC diperkirakan sebagai strategi Lenovo untuk melebarkan sayap bisnis mobile mereka. Sama saat Lenovo mengakuisisi ThinkPad dari IBM beberapa tahun yang lalu, kali ini pun Lenovo ingin membeli HTC untuk bisa memperluas pasar mereka di Amerika dan Eropa.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI