Kominfo Sebut 1.122 BTS Down Akibat Banjir Jabodetabek

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaporkan jika 1.122 site BTS mengalami gangguan atau down akibat banjir Jabodetabek pada Selasa (25/02/2020) kemarin.

Menurut Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kominfo Ahmad M. Ramli dari 22.867 site BTS  yang tersebar di Jabodetabek terdapat 4,9% atau 1.122 site BTS terganggu ketika banjir. Hal ini terjadi karena pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN.

{Baca juga: BTS Terdampak Banjir, Telkomsel dan XL Siapkan Mobile Genset}

“Bencana banjir di Jabodetabek yang terjadi hari Selasa, tanggal 25 Februari 2020 menyebabkan beberapa site seluler mengalami gangguan dikarenakan pemutusan aliran listrik oleh PLN berdasarkan faktor keamanan dan keselamatan,” kata Ramli kepada Tim Telset.id pada Rabu (26/02/2020).

BTS Down Banjir Jabodetabek

Ramli mengatakan bahwa masyarakat sebenarnya masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi meskipun beberapa site BTS yang mengalami gangguan. Pasalnya pihak operator telah mengerahkan genset dan tambahan tim di lapangan.

“Karena site tersebut memiliki backup power dan operator mengerahkan mobile backup power atau genset portable.  Selain itu, site yang down dicover oleh site sekitarnya,” tutur Ramli.

Hingga Rabu (26/02/2020) pukul 09.00 WIB jumlah site BTS yang mengalami gangguan turun drastis menjadi 2,2% atau 502 site BTS. Terakhir Kominfo akan melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk mengerahkan segala upaya untuk melakukan pemulihan terhadap site seluler yang masih down.

Sebelumnya hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya semalam suntuk sejak Senin malam (24/02/2020), mengakibatkan banjir di banyak tempat. Warganet pun melaporkan kondisi sekitar di media sosial, membuat tagar #banjir bergema.

{Baca juga: Jakarta Diguyur Hujan Semalam Suntuk, Tagar #Banjir Bergema}

Dilansir Telset.id dari Trends24.in pada Selasa (25/02/2020), tagar #banjir berada di urutan pertama. Tagar tersebut mengalahkan tagar-tagar lain yang berkaitan dengan kondisi sosial politik ataupun hiburan.

Previous articleApple Watch Bakal Bisa Kurangi Risiko Terkena Stroke
Next articleBrowser Opera Permudah Pengguna Kelola Banyak Tab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here