Keunggulan Intel Core Generasi 8 Dibandingkan Generasi 7

Intel Core Generasi 8
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Intel Coffee Lake atau Intel Core generasi ke-8 telah resmi diperkenalkan pada 25 September lalu. Selang beberapa minggu setelahnya, prosesor anyar itu telah melenggang di Indonesia lewat tiga seri notebook dari Acer, yakni Acer Swift 3, Spin 5, dan Aspire E5-476. Lantas apa keunggulan Intel Coffee Lake?

Tentu karena merupakan generasi terbaru, pastinya terdapat berbagai peningkatan di sisi performa, teknologi, dan lainnya. Dijelaskan Yohan Wijaya, Acer Consumer Lead of Intel Asia Pacific Japan, Intel Coffee Lake memang memiliki berbagai keunggulan dibanding generasi sebelumnya.

“Dari sisi CPU performanceup to 40%,” katanya di acara peluncuran line-up notebook terbarunya tersebut di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Senin (16/10/2017).

Ia menjelaskan, bahwa jika dilihat lebih dalam lagi, maka 25% dari keunggulan ini diantaranya diperoleh dari sisi peningkatan pada arsitektur atau jika boleh dicontohkan yakni jumlah core yang ada.

Jumlah core pada Intel Coffee Lake lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga akan semakin membantu penggunanya untuk bisa bekerja secara efisien atau multitasking.

“Contoh paling simple adalah jumlah core. Di Core i5 yang dulu itu dual-core untuk CPU mobile, tapi core i5 sekarang sudah quad-core,” jelasnya.

Sedangkan untuk sisanya yang 15% diperoleh dari sistem dan juga manufacturing. Menurutnya, karena Intel membuat prosesornya sendiri, maka merekapun bisa melakukan improvisasi untuk meningkatkan performa CPU yang lebih baik lagi.

Selain itu, berbagai keunggulan lainnya yang ada pada Intel generasi ke-8 ini adalah kartu grafis yang sudah setara UHD bernama Intel UHD Graphics. Hal itu memungkinkan laptop bisa memutar video berkualitas 4K. Untuk keunggulan lainnya, Intel generasi ke-8 ini pun sudah mendukung teknologi Virtual Reality (VR).

“Tiga display sekaligus kemudian dipasangkan ke notebook, maka ketiganya bisa memutar konten 4K. Kalau bicara gaming, ini juga bisa dipakai untuk gaming,” pungkasnya. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here