Kenalkan Blappy, Aplikasi Chat Khusus Bagi Penyandang Cacat Sensorik

Telset.id, Jakarta – Blappy adalah aplikasi smartphone yang memungkinkan komunikasi muus antara orang-orang dengan kebutuhan khusus pada visual dan pendengaran. Selain bisa mengubah pesan suara menjadi teks, pun demikian sebaliknya, aplikasi ini juga dapat menyertakan kontras gambar yang tinggi, dan layar memiliki fitur zoom. Blappy juga kompatibel dengan layanan aksesibilitas TalkBack.

Cara penggunaannya terbilang sederhana, Anda cukup menginstal aplikasi di dua terminal dengan jarak kurang dari 30 meter dan dalam lingkungan Bluetooth tertutup. Setelah pengguna mendaftar, ada dua cara untuk mengirim pesan, baik dengan menggunakan pengenalan suara atau keyboard.

Sayang, aplikasi ini hanya tersedia dalam empat bahasa, yakni Spanyol, Perancis, Inggris dan Portugis – tak ada Indonesia. Tapi teknologi ini konon mampu menerjemahkan percakapan dalam semua bahasa yang dikenali oleh layanan Google Translator.

Saat ini, Blappy tersedia untuk ponsel Android dan dapat diunduh melalui Play Store. Sementara versi iOS sedang dalam pengembangan. Pengguna cukup mengaktifkan Bluetooth untuk terhubung dengan smartphone lain yang juga memiliki aplikasi serupa.

Menurut profesor di departemen Ilmu Komputer dan Direktur Umum CESyA UC3M, Belén Ruiz Mezcua, inisiatif ini merupakan komitmen untuk aksesibilitas dan “merupakan contoh dari transfer teknologi dalam pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.” Dengan cara yang sama, “aplikasi ini juga mencapai paradigma desain yang dapat diakses untuk semua orang,” kata Adrián Baeza, peneliti CESyA dan salah satu profesional yang terlibat dalam peluncuran proyek. [IF]

SourcePhys

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI