Kaspersky: Android Diserang Malware Canggih

Malware di Android
Malware di Android

Jakarta – Popularitas Android yang kian tumbuh ternyata menarik perhatian malware yang ikut tumbuh secara alamiah. Salah seorang peneliti dari Kaspersky, Roman Unuchek, menemukan virus Trojan Android yang paling canggih.

Sepotong malware Android terbaru telah ditemukan peneliti Kaspersky di labolatorium. Virus Trojan yang menyerang Android ini dijuluki “Backdoor.AndroidOS.Obad.a”. Selain berbahaya bagi perangkat Android, peneliti  juga mengatakan virus ini sulit ditemukan.

“Pencipta malware biasanya akan membuat kode kreasinya serumit mungkin. Sangat sulit untuk menemukan persembunyian secanggih Odad.a dalam mobile malware,” jelas Unuchek yang telsetNews kutip dari PhoneArena, Senin (10/6).

Unuchek mengatakan, virus ini adalah Trojan multifungsional yang mampu mengirimkan SMS ke nomer premium, men-download program malware lainnya, mengintalnya pada perangkat yang terinfeksi dan menyebarkannya lewat koneksi Bluetooth ke ponsel lain didekatnya. Trojan ini bahkan tidak memiliki antarmuka dan bekerja di belakang layar.

Pihak Kaspersky telah memberitahu kepada Google dan berharap akan dikirimkan sistem keamanan untuk mencegah penyebaran malware berbahaya ini ke perangkat Android.[LKH/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0