telset

Kapan akan Luncurkan eSIM, Indosat?

Telset.id, Solo – Indosat Ooredoo memberi isyarat akan mengembangkan teknologi embedded SIM (eSIM) di Indonesia. Namun niatan itu belum akan diwujudkan dalam waktu dekat. Lantas, kapan Indosat akan meluncurkan eSIM?

Meski sudah ada operator yang menyediakan layanan eSIM di Indonesia, namun Indosat belum tertarik untuk buru-buru ikut meluncurkan kartu SIM virtual itu. Menurut mereka, saat ini bukan waktu yang tepat untuk menghadirkan eSIM.

{Baca juga: Bos Indosat: Ekosistem 5G di Indonesia Belum Siap}

Oleh sebab itu, Indosat berencana untuk menghadirkan eSIM di waktu yang tepat, khususnya saat pengguna sudah siap menggunakan teknologi tersebut.

Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha mengatakan bahwa untuk menghadirkan teknologi eSIM bukan suatu hal yang sulit bagi Indosat. Namun Vikram menegaskan perusahaan baru mau meluncurkannya jika waktunya sudah tepat.

“Tidak ada tantangan untuk menghadirkan eSIM di Indonesia, karena teknologi tersebut sangat mudah untuk diadaptasi. Kami akan meluncurkannya di waktu yang tepat,” kata Vikram di Pendopo Istana Mangkunagaran Solo, Rabu (11/12/2019).

Vikram menambhkan, pihaknya tidak ingin meluncurkan eSIM hanya sebagai kampanye pasar saja. “Kita tidak mau meluncurkannya hanya sebagai marketing campaign. Juga di sisi pengguna, ketika mereka siap, kita juga siap,” tutup Vikram.

Sebelumnya kompetitor Indosat, yaitu Smartfren, telah menghadirkan eSIM ke Indonesia. Pada Juli 2019 Smartfren resmi menghadirkan eSIM di Indonesia. Teknologi ini memungkinkan pelanggan dapat menggunakan layanan 4G LTE tanpa menggunakan SIM Card berbentuk fisik.

Bagi pelanggan yang ingin menggunakan kartu virtual tersebut, pertama-tama yang harus dilakukan adalah mendapatkan eSIM QR code yang bisa didapatkan di Galeri Smartfren.

{Baca juga: Yeayy! Trio iPhone 11 Bisa Pakai eSIM Smartfren}

Setelah mendapatkan QR code, pelanggan harus memindai QR dengan memastikan perangkatnya terhubung dengan internet. Setelah melakukan pemindaian pada QR code, profil pengguna SIM secara otomatis akan terpasang di perangkat milik pelanggan.

Dari segi perangkat, memang sudah ada 2 perangkat yang hadir Indonesia dengan kemampuan eSIM. Kedua perangkat itu adalah produk Apple, yaitu seri iPhone X dan iPhone XI. Sedangkan di global, Google lewat smartphone Google Pixel juga akan membawa eSIM ke ponsel pintar buatan mereka itu. [NM/HBS]

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0