Kamera Amazon Bantu Pengguna Kenali Teman Lama

Telset.id, Jakarta – Sachin Solkhan, seorang insinyur perangkat lunak yang bekerja di Fidelity Investments, telah banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan tentang bagaimana teknologi kecerdasan buatan dapat membantu orang dengan kemampuan otak menurun bisa mengenali orang yang dicintai.

Ketika Amazon meluncurkan kamera DeepLens pada November 2017, ia mendapat ide menggunakan perangkat lunak kecerdasan buatannya untuk melakukan hal itu.

Menjelang peluncuran resmi DeepLens pada akhir pekan ini, ia pun menghadiri gelaran Hackathon untuk membangun sistem yang bisa membantu pengguna mengenali orang yang tepat di depan mereka.

“Saya ingin menemukan cara menggunakan perangkat untuk membantu seseorang yang sedang berjuang mencari teman atau kerabat lama,” katanya.

DeepLens adalah kamera pintar yang memiliki fungsi dan teknologi sama dengan Google Clips. Namun, DeepLens ditargetkan untuk pengembang, bukan konsumen.

DeepLens menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memudahkan kamera melakukan hal-hal seperti mengenali objek atau karakter yang muncul dalam video.

Solkhan berharap, suatu hari nanti orang-orang yang mengalami kehilangan memori akan membawa kamera tersebut ke mana pun mereka pergi.

Baca juga: Amazon Rilis Speaker Pintar untuk Anak-anak

Sistem DeepLens akan menyimpan foto dan nama keluarga pengguna dan teman-teman di layanan cloud Amazon. Kamera kemudian merekam interaksi. Dan jika semuanya berjalan dengan benar, kecerdasan buatan akan mengenali orang itu dan mengeluarkan perintah lisan.

Solkhan sedang mengujinya dengan teman-teman dan anggota keluarga sebagai proyek sampingan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Amazon memang terus mencari cara untuk menggunakan alat seperti kecerdasan buatan dalam perawatan kesehatan bagi orang-orang dengan kebutuhan medis yang rumit.

“Kami melihat banyak penggunaan untuk pembelajaran mesin dari perawatan primer hingga pemeriksaan medis,” kata GM Machine Learning dan AI Amazon, Matt Wood, kepada CNBC.

Wood mengatakan, kamera DeepLens benar-benar menerapkan teknologi canggih Amazon, seperti pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan, untuk digunakan oleh pengembang.

Baca juga: Amazon Pantau Perkembangan Tubuh Pelanggan, Buat Apa?

“Kami menghadirkannya untuk membantu manula dan orang-orang dengan masalah medis serius,. Kami termotivasi untuk menggunakannya guna meningkatkan ingatan mereka,” tukas Wood. [SN/HBS]

Sumber: CNBC

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI