NASA Ciptakan Kalung Pintar untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Kalung Pintar NASA

Telset.id, Jakarta – NASA menciptakan kalung pintar yang bisa mengingatkan si pemakai agar tak menyentuh wajah. Kalung itu diciptakan untuk meminimalisasi kemungkinan penyebaran virus corona.

Sejak pandemi Covid-19, satu nasihat umum yang sering disampaikan kepada orang-orang adalah selalu mencuci tangan dengan sabun dan air, pakai pembersih, masker, serta jangan menyentuh wajah.

Sebab, tangan kita menyentuh semua jenis benda yang mungkin mengandung jejak virus corona. Karenanya, potensi penularan Covid-19 menjadi sangat terbuka jika sering menyentuh wajah.

{Baca juga: Yuk, Ikutan Lomba Desain Toilet NASA Berhadiah Rp 287 Juta}

Kenyataannya, banyak orang secara tidak sadar tetap saja menyentuh wajah. Melihat kebiasaan tersebut, NASA pun membuat kalung pintar yang akan mengingatkan pemakainya untuk tidak menyentuh muka.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Senin (29/06/2020), kalung “ajaib” buatan NASA akan mengingatkan pengguna melalui penggunaan getaran-getaran yang dihasilkan dari sensor.

Ketika pemakai secara tak sadar menggerakkan tangan ke wajah, getaran di kalung akan muncul dan berfungsi sebagai peringatan. Getaran bakal semakin intens ketika tangan Anda bergerak lebih dekat ke wajah.

{Baca juga: C-Mask, Masker Pintar Buatan Jepang untuk Masa “New Normal”}

“Kalung itu bisa mengurangi penyebaran Covid-19, yang dapat ditularkan jika seseorang menyentuh permukaan yang terinfeksi menggunakan tangan, lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut,” kata NASA.

Desain kalung tersebut dibuat menjadi sumber terbuka dengan komponen yang tersedia. Jika punya akses ke printer 3D, Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri dengan membuka situs resmi NASA. (SN/MF)

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here