Jakarta Banjir, BTS Indosat, XL dan Smartfren Terganggu

Jakarta Banjir

Telset.id, Jakarta – Dampak dari Jakarta banjir berimbas pada layanan sejumlah operator seluler. Dilaporkan BTS Indosat, BTS XL, dan BTS Smartfren tak beroperasi maksimal karena pasokan listrik yang berhenti ketika banjir terjadi.

Menurut SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk bahwa beberapa BTS Indosat di wilayah Jabodetabek terkena imbas bencana Jakarta banjir yang terjadi sejak Rabu (01/01/2020) kemarin.

{Baca juga: Banjir Jakarta, Telkomsel Kerahkan Alat Pendukung Jaringan}

Akibat adanya gangguan tersebut, Turina pun memohon maaf kepada pelanggan yang mungkin mengalami kendala saat ingin menggunakan layanan Indosat.

“Beberapa BTS Indosat di sekitar wilayah Jabodetabek terkena imbas gangguan pasokan listrik akibat banjir. Kami mohon kesabaran pelanggan karena kami masih terus berupaya sesegera mungkin memulihkan layanan kami,” ujar Turina lewat keterangan tertulis yang diterima pada Kamis (02/01/2020).

Terdampak Pemadaman Listrik

Dampak banjir Jakarta juga dialami XL Axiata. Menurut Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa secara keseluruhan jaringan XL masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL.

Namun ada beberapa BTS XL yang terdampak karena padamnya aliran listrik di wilayah terdampak banjir sehingga mengurangi kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di beberapa wilayah yang terkena Banjir.

Ayu mengaku jika mereka telah menerjukan tim teknis untuk memberikan aliran listrik di BTS XL dengan menyiapkan genset tambahan.

“Saat ini tim teknis kami di lapangan masih berupaya untuk melakukan upaya penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan beberapa BTS yang terdampak tersebut bisa tetap beroperasi,” ujar Ayu.

Sementara itu, VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo mengklaim jika banjir tak mempengaruhi layanan mereka, karena BTS Smartfren telah dilengkapi dengan baterai untuk daya listrik cadangan.

{Baca juga: Diguyur Hujan “Setahun”, Jakarta dan Sekitarnya Banjir}

“Memang ada beberapa site BTS Smartfren yang terkena dampak dari banjir disebabkan adanya pemadaman listrik PLN, namun karena semua site sudah dilengkapi battery sebagai power supply cadangan sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap kualitas layanan,” tulis Munir. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here