NEWS

Jack Ma Mundur dari Jajaran Dewan Direksi SoftBank

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta  – SoftBank Group Corp mengatakan pada Senin (18/5/2020) waktu setempat bahwa bos Alibaba sekaligus triliuner asal China, Jack Ma mundur dari Softbank selaku dewan direksi di perusahaan tersebut.

Kabar Jack Ma mundur dari Softbank ini setelah sebelumnya di juga menyatakan pensiun sebagai ketua eksekutif Alibaba pada September 2019 lalu.

Saat itu ia mengatakan telah memutuskan untuk menarik diri dari peran bisnis formal. Ia ingin lebih fokus kepada filantropi.

{Baca juga: Wabah Virus Corona, Jack Ma Sumbang 2 Juta Masker}

Menurut laporan Reuters, SoftBank akan mengusulkan tiga penunjukan baru kepada dewan direksi, termasuk Chief Financial Officer Group, Yoshimoto Goto, pada pertemuan umum tahunan 25 Juni 2020 nanti.

Seperti dikutip Telset.id, jumlah anggota dewan direksi SoftBank akan bertambah menjadi 13 orang. SoftBank juga akan mengusulkan pemilihan Lip-Bu Tan, CEO perusahaan desain chip Cadence Design Systems.

Ia bernama Yuko Kawamoto, yang juga ketua perusahaan modal ventura Walden International sekaligus profesor di Waseda Business School, sebagai direktur luar. Kawamoto merupakan seorang perempuan.

Ia akan menjadi satu-satunya anggota perempuan di jajaran dewan direksi SoftBank. Keputusan itu untuk memenuhi permintaan aktivis investor Elliott Managementterkait peningkatan keragaman dewan.

{Baca juga: Tampil ala Bintang Rock, Jack Ma Pamit dari Alibaba}

Kepergian Ma dari SoftBank mengikuti jejak Tadashi Yanai, pendiri sekaligus CEO dari induk Uniqlo Fast Retailing, yang mengundurkan diri dari dewan pada akhir tahun lalu untuk fokus kepada bisnis fesyen.

Sebelumnya, Jack Ma resmi pamit dari Alibaba pada Selasa (09/09) waktu setempat. Memegang gitar dan mengenakan wig ala bintang rock di sebuah acara untuk ribuan karyawan Alibaba di Hangzhou, China timur, ia pun berpamitan.

Selama “konser perpisahan” sekira empat jam di stadion berkapasitas 80.000 orang, ia memenuhi janji yang diucapkan setahun lalu.

Sambil berlinang air mata, ia menyatakan mundur dari Alibaba. Ia lalu menyerahkan jabatan kepada CEO Alibaba, Daniel Zhang.

Penampil berkostum tradisional yang menari mengikuti musik dubstep serta penyanyi, memuji reputasi Ma karena bersedia berdandan maksimal. Perwakilan divisi Alibaba seperti situs belanja Tmall dan layanan Ant Financial pun ambil bagian. [SN/HBS]

Leave a Comment