iPhone Gusur Canon dkk di Flickr

Top camera di Flickr 2015JAKARTA – Bagi Anda penyuka fotografi yang aktif menggunakan aplikasi Flickr, pasti dapat melihat perubahan trend yang terjadi pada aplikasi berbagi foto tersebut. Kini Flickr tak lagi didominasi foto-foto hasil jepretan kamera DSLR, melainkan foto dari kamera smartphone. Dan untuk tahun 2015, iPhone menyumbang foto paling banyak.

Perkembangan kamera smartphone dalam beberapa tahun terakhir memang sangat pesat. Kamera smartphone secara pelan tapi pasti mulai menggeser posisi kamera-kamera profesional.

Meski masih sering terjadi perdebatan tentang kualitas foto yang dihasilkan kamera smartphone dibanding kamera professional/ DSLR, namun suka atau tidak suka kualitas dari kamera smartphone semakin bagus, dan nilai kepraktisan yang ditawarkan juga semakin memikat.

Hal itu dapat tergambar dari yang kita lihat di Flickr dalam beberapa tahun terakhir. Mengutip laporan terbaru yang dilansir Flickr di 2015, iPhone menjadi smartphone yang mampu menggusur kamera profesional seperti Canon, dkk.

Dalam review tahunan yang dilaporkan Flickr untuk tahun 2015, pangsa pasar iPhone tumbuh dari sekitar 25% tahun lalu, menjadi sekitar 30% di tahun 2015. Dengan pencapaian tersebut, iPhone berhasil menjadi kamera paling banyak digunakan pengguna Flickr.

Flickr menyebutkan, bahwa kamera smartphone yang paling sering digunakan di tahun 2015 adalah iPhone 6 dan iPhone 5s. Selain kedua seri iPhone itu, smartphone lain yang masuk 10 besar adalah iPhone 5, iPhone 4s, iPhone 4, dan iPhone 6 Plus. Sedangkan iPhone 5c berada di urutan ke 8, atau setingkat di bawah Canon EOS 5D Mark II.

Samsung menjadi satu-satunya merek smartphone lainnya yang mampu menembus daftar peringkat di atas 20 besar Flickr, dengan Galaxy S4 dan Galaxy S5 masing-masing berada di posisi 11 dan 13. Smartphone besutan Samsung digunakan oleh 3,8% pengguna Flickr.

Selain Galaxy S4 dan Galaxy S5, Samsung juga masih menempatkan Galaxy S3 di peringkat 19, terjepit di antara dua kamera DSLR milik Nikon.

Yang menarik, iPhone mengalami lompatan yang sangat pesat dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Pada awal tahun 2010, pengguna Flickr yang memposting foto menggunakan iPhone masih kurang dari 7%. Di tahun 2015, angka tersebut meningkat tajam menjadi 30%.

Lantas bagaimana dengan kamera-kamera DSLR yang selama ini merajai kiriman foto-foto di Flickr? Canon masih menjadi favorit untuk segmen kamera professional, namun sayangnya Canon di tahun 2015 harus tergusur oleh iPhone.

iPhone berhasil merebut tahta tersebut dari kamera-kamera Canon, yang di tahun 2010 punya kontribusi 37%, namun di tahun 2015 ini turun menjadi 20%. Untuk melihat laporan lengkapnya, Anda bisa melihat infografik di bawah ini:

iPhone gusur Canon di Flickr

 

 

 

SourceFlickr

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI