iPhone dengan OLED Display 5,8 Inci Meluncur 2017?

Telset.id, Jakarta – Meski sudah terlihat besar, namun iPhone 6s Plus dengan display 5.5 inci masih terlalu kecil bagi pengguna yang memiliki ukuran tangan yang besar. Apple sepertinya mempertimbangkan masalah ini, dan berencana akan menyiapkan iPhone baru dengan ukuran yang lebih besar, yakni display 5.8 inci.

Dari rumor yang beredar menyebutkan bahwa Apple akan menyiapkan iPhone baru dengan OLED display 5.8 inci, yang siap meluncur pada tahun 2017 atau 2018 mendatang.

Menurut rumor terbaru, Samsung sudah hampir pasti akan ditunjuk Apple sebagi pemasok utama OLED display. Selain Samsung, supplier lain yang akan ikut dilibatkan adalah LG dan Japan Display, tapi untuk produksi setelahnya.

Menurut sumber DigiTimes di pemasok Apple, saat ini iPhone 6s Plus masih menggunakan layar LED 5,3 inci, namun bisa saja Apple meluncurkan perangkat dengan layar AMOLED 5,8 inci di awal tahun 2017.

Dalam catatan yang diperoleh Motley Fool yang dikutip Digitimes mengungkapkan bahwa sumber rantai pasokan percaya bahwa 50 juta iPhone dengan layar AMOLED akan bisa dirilis untuk pelanggan di tahun pertama ketersediaan.

Namun 50 juta unit OLED display mungkin tidak akan sepadan dengan 200 juta iPhone yang terjual tahun lalu. Untuk tahap awal, kemungkinkan display ini hanya akan digunakan pada iPhone 7s Pro atau iPhone 8 Pro.

Pertanyaannya sekarang adalah, berapa banyak Apple sanggup menyiapkan layar dalam jangka waktu hingga tahun 2017 saat diluncurkan nanti? Menurut laporan ini, Samsung akan menjadi pemasok awal, sementara LG dan Japan Display akan ikut dilibatkan untuk menambah kapasitas produksi.

Kendala pasokan mungkin akan membuat AMOLED display hanya digunakan sebagai fitur premium pada iPhone Pro, sebelum nantinya diadopsi pada smartphone Apple lain yang lebih kecil.

DigiTimes memiliki track record yang bagus tentang rumor produk Apple dalam lima tahun terakhir, sehingga kemungkinan rumor ini bisa menjadi kenyataan sangat besar. Beberapa tahun terakhir, Apple memang telah kencang dirumorkan akan beralih ke display OLED.

iPhone memakai OLED display tentu saja akan menjadi berita bagus. Terutama setelah melihat layar OLED Samsung Galaxy S7 bisa membuat  layar iPhone 6s terlihat pucat.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here