Hati-hati! Penipuan Lewat Pesan Berantai di WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Dengan jumlah pengguna aktif yang telah mencapai 1 miliar orang, WhatsApp kini semakin menjadi incaran para dedemit dunia maya. Berbagai modus penipuan digunakan untuk dapat mengecoh pengguna WhatsApp.

Salah satu modus penipuan yang kini terlihat masih aktif wara-wiri di layanan WhatsApp adalah pesan viral terkait dengan layanan ‘WhatsApp Pro’. Pengguna harus hati-hati dan jangan sampai terkecoh dengan modus penipuan ini.

Pesan berantai yang dikirimkan ini menyertakan tautan atau link untuk mengunduh fitur WhatsApp Pro di URL whatsapppro.net. Dalam pesan tersebut, si penyebar scam mengatakan bahwa tema warna WhatsApp akan berubah menjadi biru saat versi “Pro” diaktifkan, bukan warna hijau seperti WhatsApp pada umumnya.

“WhatsApp Launches WhatsApp Pro to Enjoy Free Internet, Video Calling, and Some Features, The Offer is For Limited Time,” demikian tulisan dalam pesan berantai itu.

Penipuan WhatsApp ProSelain bisa mengubah tampilan warna menjadi biru, si penipu ini juga menjanjikan kepada pengguna WhatsApp akan mendapatkan bonus yang menarik, yakni internet dan video call gratis.

Jika Anda tidak jeli memperhatian tautan yang dikirimkan, kemungkinan bisa terkecoh. Karena tautan yang disertakan juga terlihat meyakinkan  dengan tampilan warna dan background khas WhatsApp. Situs abal-abal ini menampilkan dua menu “Activation” dan “Invite Friends”.

Saat Anda mengklik menu Activation dengan menggunakan browser PC, situs WhatsApp Pro gadungan itu meminta Anda lebih dulu melakukan invite 10 teman dan 5 grup lewat tombol yang disediakan di bawahnya.

Cara yang digunakan ini merupakan modus penipuan (scam) menargetkan pengguna aplikasi pesan instant ini mengirimkan pesan berisi tautan (link) ke teman pengguna lain. Biasanya orang akan mudah terkecoh karena pesan berisi tautan itu datang dari teman-temannya.

Saat pengguna membuka tautan tersebut, isinya malah akan menuntun pengguna ke laman diskon dan meminta mereka memasukkan data-data pribadi. Pengguna yang tidak teliti mencerna pesan tersebut bisa langsung memasukkan data-data yang diminta.

Selanjutnya, penipu tersebut akhirnya bisa mendapatkan informasi data-data pribadi Anda, atau kemungkinan terburuk, ponsel Anda bisa disusupi malware yang bisa membuat si penipu akan menguasai ponsel Anda secara bebas.

Solusi untuk menyikapi penipuan dengan modus seperti ini adalah dengan bersikap lebih waspada pada kiriman pesan berisi link tak dikenal, meskipun itu datangnya dari teman Anda. Sebaiknya tanyakan pada teman yang mengirimkan pesan tersebut.

Hal lain yang perlu diingat pengguna WhatsApp adalah, situs resmi WhatsApp hanya menggunakan alamat domain WhatsApp.com. Jadi semua pesan tentang update baru pada layanan WhatsApp pasti dari alamat domain tersebut. Atau layanan WhatsApp juga biasanya menggulirkan update di Blog WhatsApp dengan URL blog.whatsapp.com

Nah, mulailah untuk lebih waspada terhadap pesan-pesan asing yang masuk ke jaringan pertemanan WhatsApp Anda. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here