iPhone 5se dengan Layar 4 Inci Debut Maret?

Ilustrasi

Telset.id – Dalam beberapa keluaran terbaru iPhone, layarnya semakin membesar dan menimbulkan spekulasi jika Apple tidak menginginkan layar 4 inchi lagi. Tapi sebuah rumor terbaru mengatakan Apple akan merilis iPhone baru dengan layar 4 inchi pada Maret mendatang.

Kabar mengenai rencana Apple yang ingin kembali merilis iPhone 4 inci sudah cukup lama beredar di media dan menjadi topik hangat dalam beberapa minggu belakangan. Berbagai spekulasi bermunculan soal namanya, mulai dari iPhone 7c, iPhone 6c dan bahkan ada yang menyebutnya iPhone 5e.

Namun, nama terakhir nampaknya yang paling mendekati kenyataan. Menurut sebuah sumber yang dekat dengan 9to5Mac, Apple kemungkinan akan kembali membuat smartphone berukuran 4 inci dengan nama iPhone 5se.

Berdasarkan informasi yang Telset rangkum dari Cnet, iPhone layar 4 inchi ini akan menggunakan layar curver glass seperti iPhone 6, dengan kamera setara iPhone 6 yakni 8 MP dan 1.2 MP. iPhone latar 4 inchi baru ini juga mendukung fitur Apple Pay dan Live Photos, dan tidak memiliki fitur 3D Touch.

Sedangkan untuk chipsetnya iPhone 5se akan memakai chipset A8 dari iPhone 6, namun akan dilengkapi dengan beberapa hardware iPhone 6s, seperti Bluetooth 4.2, VoLTE dan Wi-Fi 802.11ac.

Cnet yang mengutip blog 9to5Mac juga menyebutkan Apple selain mempersiapkan iPhone layar 4 inchi, juga menyiapkan versi terbaru software Apple Watch. Desain generasi kedua untuk Apple Watch ini dikabarkan juga akan diperkenalkan pada Maret nanti.

Sebelumnya, penjualan iPhone dengan layar besar seperti iPhone 6 dan 6S merupakan upaya Apple memenuhi selera pasar. Namun, Apple juga punya fans iPhone yang menyukai layar lebih kecil. Untuk Apple sendiri, membuat iPhone lebih segar dan menarik, akan memperkuat pasarnya.

Pada persaingan produk jenis ini, Apple berada di atas Samsung dan HTC yang terus berjuang untuk mendapatkan pertumbuhan yang stabil. Sementara Apple, sudah menghasilkan keuntungan.

Well, apakah Apple akan kembali mengeruk kesuksesan dengan iPhone 4 inci yang disiapkannya? Jika melihat sejarahnya, perusahaan yang berbasis di Cupertino, California  AS  ini justru pernah berjaya dengan smartphone berukuran kecil. [HBS]

Artikel iPhone 5se dengan Layar 4 Inci Debut Maret? dikutip dari Telset.