Solusi IoT dari Telkomsel Bantu Transformasi Digital Alfamart

Telkomsel Alfamart

Telset.id, Jakarta Telkomsel membantu langkah transformasi digital di Alfamart. Caranya, dengan meningkatkan jaringan operasional wide area network (WAN) menjadi IoT Managed Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN).

Diungkapkan GM IoT Smart Connectivity Telkomsel, Alfian Manullang, solusi SD-WAN dapat membantu Alfamart untuk meningkatkan performa bisnis dan produktivitas kinerja.

Misalnya saja, ketika teknisi perusahaan melakukan konfigurasi jaringan. Teknisi dapat dengan mudah melakukannya dengan memanfaatkan fitur Zero Touch Provisioning (ZTP) yang mampu melakukan konfigurasi secara otomatis ke semua jaringan dan perangkat.

“Melalui Managed SD-WAN, tim IT ga perlu konfigurasi ke satu per satu router karena bisa  terkonfigurasi secara otomatis ke dalam ekosistem baru berbasis cloud sehingga meminimalkan terjadinya kendala teknis oleh para pekerja,” kata Alfian.

{Baca juga: Telkomsel Umumkan Tiga Direktur Baru, Siapa Saja?}

Alfian menjelaskan, dalam solusi ini, terdapat perangkat SD-WAN Controller yang berguna menyampaikan data dari gerai ke data center secara lebih cepat dan aman.

“Jadi trafik dari store itu clean sampai ke data center,” tambah Alfian.

Ia pun mengklaim, solusi dari Telkomsel ini bisa membuat pengeluaran operasional Alfamart lebih hemat. Pasalnya, perangkat keras yang digunakan di gerai atau kantor cabang Alfamart dapat tersambung langsung ke data center pusat perusahaan melalui cloud, sehingga tidak membutuhkan data center penghubung lagi seperti pada WAN konvensional.

Selain itu, seluruh pengelolaan manajemen solusi SD-WAN akan dilakukan oleh Telkomsel, sehingga Alfamart tidak perlu lagi menjalankan pengendalian perangkat hingga pengamanan jaringan secara mandiri yang tentunya membutuhkan biaya operasional yang tinggi.

“Jadi perusahaan bisa lebih cost saving dibandingkan menggunakan WAN konvensional,” tutup Alfian.

Direktur International Business & Technology Alfamart, Bambang Setyawan Djojo, menyambut solusi IoT dari Telkomsel tersebut. Kehadiran SD-WAN membantu Alfamart untuk melakukan transformasi digital di lebih dari 14 ribu gerai mereka.

{Baca juga: Hadirkan Layanan VoLTE, Telkomsel: Langkah Awal Menuju 5G}

“Kolaborasi bersama Telkomsel kali ini memperkuat semangat kami untuk terus memperluas digitalisasi di dalam operasional perusahaan secara berkelanjutan,” tutup Bambang. (NM/MF)

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here