Hadirkan Layanan VoLTE, Telkomsel: Langkah Awal Menuju 5G

Telkomsel VoLTE

Telset.id, Jakarta – Telkomsel telah menghadirkan layanan VoLTE untuk para pelanggannya di Indonesia. Layanan tersebut dipersiapkan Telkomsel sebagai langkah awal menuju teknologi 5G di Indonesia.

Diungkapkan VP Prepaid Consumer Telkomsel, Adhi Putranto, mulai banyaknya smartphone yang mendukung VoLTE menjadi alasan utama mengapa Telkomsel menghadirkan layanan tersebut.

Menurutnya, selama 2 tahun terakhir, industri ponsel pintar terus berkembang dan sudah mendukung layanan panggilan telepon melalui jaringan 4G LTE.

{Baca juga: Banyak Peminat, VoLTE Telkomsel Diperluas Sampai Sidoarjo}

“Kenapa baru sekarang, karena bisa dibilang 1 atau 2 tahun terakhir device manufaktur dan sudah support VoLTE,” kata Adhi.

Melalui konferensi pers melalui CloudX pada Jumat (19/06/2020), Adhi juga menambahkan kalau saat ini VoLTE Telkomsel bisa digunakan melalui smartphone dari Samsung, Huawei, Vivo, dan Xiaomi untuk tipe-tipe tertentu.

Walaupun baru 4 brand, Adhi pun berkomitmen untuk terus menambah kerja sama dengan produsen-produsen smartphone lainnya.

“Kita akan terus lakukan kerja sama dengan device manufacturing. Saat ini sudah ada 4 merek itu, dan kita akan engage yang lainnya untuk support,” jelasnya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Alasan lainnya dikatakan Adhi, adalah persiapan menuju teknologi 5G. Hal ini diamini oleh VP Network Planning and Engineering Telkomsel, Akhmad Madces dalam kesempatan yang sama.

Ia menurutkan, kehadiran layanan VoLTE dari Telkomsel memang dipersiapkan untuk menuju jaringan generasi kelima tersebut. Harapannya, VoLTE dapat mendorong pelanggan Telkomsel yang masih menggunakan jaringan 2G dan 3G untuk beralih ke jaringan 4G.

Dengan beralihnya konsumen ke jaringan 4G, maka slot jaringan 2G dan 3G bisa dialihkan untuk pengembangan jaringan 5G.

“VoLTE ditujukan untuk memindahkan layanan panggilan suara yang saat ini dilakukan di jaringan  2G dan 3G ke jaringan 4G. Dengan begitu, nantinya frekuensi yang dipakai menggelar layanan 2G dan 3G bisa dipakai untuk menggelar layanan 5G,” ujar Akhmad.

{Baca juga: Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel}

Akhmad juga menambahkan, VoLTE akan mendukung jaringan 5G khususnya untuk panggilan telepon. “Ketika panggilan dilakukan di jaringan 4G, pengalaman pengguna 5G tidak terlalu turun,” tutupnya. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here