INTERNET

YouTube Shorts untuk Lawan TikTok? Ini Tanggapan Google

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta – Kehadiran YouTube Shorts dinilai untuk bersaing melawan TikTok dan juga Instagram Reels. Google Indonesia pun memberikan tanggapan mengenai tudingan atas fitur terbaru YouTube tersebut.

Menurut Direktur Marketing Google Indonesia, Filipina, dan YouTube Asia Tenggara Veronica Utami, tujuan Shorts bukan untuk bersaing dengan layanan video pendek lain seperti TikTok dan Reels.

“Shorts hadir semata-mata menjadi platform baru, agar pengguna bisa membuat konten-konten yang menarik di YouTube. Dengan adanya Shorts, pengguna dan konten kreator semakin terbantu untuk mencari hiburan dan membuat konten,” ujar Veronica.

{Baca juga: Rilis di Indonesia, YouTube Ajak Pengguna Bikin Konten di Shorts}

Selain itu Google tidak berpikir mengenai persaingan platform. Melalui konferensi pers pada Jumat (23/7/2021), saat ini Google hanya fokus untuk mengembangkan fitur-fitur terbaru di Shorts.

“Sekarang membuat video jauh lebih gampang ketika menggunakan Shorts. Saat ini hanya fokus dan berkomitmen untuk menyempurnakan porduk-produk kita,” tambah Veronica.

Konferensi pers mengenai peluncuran YouTube Shorts di Indonesia

Pada kesempatan yang sama Google Indonesia baru saja mengumumkan kehadiran Shorts versi beta di Tanah Air. Shorts beta resmi hadir di Indonesia untuk membawa pengalaman baru kepada pengguna dan kreator YouTube.

Baca juga: Pengguna YouTube Bisa Kasih Uang Tip ke Kreator Lewat ‘Super Thanks’

“Hari ini YouTube mengumumkan peluncuran YouTube Shorts versi beta di Indonesia, yang merupakan sebuah fitur dan pengalaman baru untuk menonton dan membuat video singkat menarik dari ponsel,” kata Veronica.

TikTok vs Reels vs YouTube Shorts

Seperti diketahui bahwa sejak 2020, TikTok memiliki “pesaing baru” yang berasal dari 2 aplikasi besar yaitu Instagram dan YouTube. Di Instagram, terdapat fitur Reels yang sudah dirilis di banyak negara termasuk Indonesia.

Sedangkan di YouTube terdapat fitur Shorts yang saat sudah tersedia di banyak negara. Kedua fitur tersebut menawarkan konten video pendek dengan durasi yang berbeda-beda.

YouTube Shorts

Untuk Reels, durasi maksimal video adalah 30 detik dan durasi video YouTube Shorts maksimal 60 detik. Namun keduanya memiliki kesamaan yakni memungkinkan pengguna untuk menambah efek lagu ke dalam video.

Baca juga: Cara Bikin Video Pendek ala TikTok di YouTube Shorts

Format video pendek dan cuplikan lagu inilah yang membuat publik menilai bahwa Reels dan Shorts hadir untuk melawan dominasi TikTok. Apalagi per Februari 2021, jumlah pengguna TikTok mencapai 35,28 juta.

Patut ditunggu bagaimana kiprah TikTok, Shorts ataupun Reels. Semoga saja ketiga platform tersebut rajin menghadirkan fitur-fitur baru sehingga pengguna bisa semakin rajin dalam membuat konten. [NM/HBS]

Leave a Comment
Naufal Mamduh
Tags: youtube