telset

Rilis di Indonesia, YouTube Ajak Pengguna Bikin Konten di Shorts

Telset.id, Jakarta – YouTube secara resmi merilis YouTube Shorts versi beta ke pengguna Indonesia. YouTube mengajak pengguna dan youtuber untuk membuat konten-konten menarik di platform tersebut.

Melalui konferensi pers virtual pada Jumat (23/7/2021), Direktur Marketing Google Indonesia, Filipina, dan YouTube Asia Tenggara Veronica Utami menjelaskan, YouTube Shorts akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna.

“Hari ini YouTube mengumumkan peluncuran YouTube Shorts versi beta di Indonesia, yang merupakan sebuah fitur dan pengalaman baru untuk menonton dan membuat video singkat menarik dari ponsel,” ujar Veronica.

{Baca juga: Cara Bikin Video Pendek ala TikTok di YouTube Shorts}

Veronica menyatakan sejak diumumkan pada September 2020 lalu, YouTube telah memperluas akses YouTube Shorts ke 26 negara dan kini tersedia di lebih dari 100 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Lalu alasan YouTube Shorts hadir di Indonesia agar pengguna bisa membuat video dengan lebih mudah dan juga menyenangkan.

“Kami ingin proses membuat video Shorts jadi lebih mudah dan menyenangkan,” katanya.

Lebih lanjut Veronica menambahkan bahwa kehadiran Shorts tidak terlepas dari perkembangan smartphone. Saat ini banyak smartphone dan aplikasi yang sudah bisa dipakai untuk membuat video-video menarik.

“Zaman sekarang teknologi sudah berubah. Teknologi HP semakin memudahkan kita semua untuk berkreasi dan membuat konten-konten yang menghibur,” ungkap Veronica.

{Baca juga: Pengguna YouTube Bisa Kasih Uang Tip ke Kreator Lewat ‘Super Thanks’}

Alasan lainnya, YouTube juga melihat bahwa pengguna smartphone banyak menyukai konten-konten video pendek. Konten video pendek disukai karena pesannya informatif dan juga  menghibur.

“Kita menyukai konten-konten berdurasi pendek, dan melihatnya kapan pun saat waktu senggang,” tambah Veronica.

YouTube Shorts Telah Ditonton 6,5 miliar Kali 

Sebagai fitur baru, YouTube Shorts mendapat respon positif bagi pengguna YouTube. Per bulan ini saja YouTube Shorts telah ditonton sebanyak 6,5 miliar kali setiap hari di seluruh dunia.

“Per awal bulan ini, YouTube Shorts ditonton 6,5 miliar kali setiap harinya di seluruh dunia,” tutur Veronica.

Veronica menganalisa bahwa salah satu penyebab orang menyukai Shorts, karena konten video yang didukung oleh cuplikan lagu. Adanya cuplikan lagu dinilai dapat membuat pesan video semakin kuat.

YouTube Shorts Indonesia
Konferensi pers peluncuran YouTube Shorts di Indonesia

“Ketika video ditambahkan cuplikan lagu maka feelnya lebih kuat dan lebih emosional,” jelas Veronica.

Terakhir Veronica pun mengajak pengguna dan juga youtuber untuk membuat konten-konten menarik di YouTube Shorts. Apalagi YouTube akan menghadirkan fitur-fitur baru untuk mendukung kreativitas pengguna.

{Baca juga: Google Meet akan Punya Fitur Live Streaming di YouTube}

“Kita berharap para banyak kreator-kreator Indonesia yang menciptakan konten di YouTube Shorts. Kita ingin memberikan pengalaman membuat video pendek bertema jokes, movitasi dan lainnya sesuai dengan kreasi konten kreator,” harap Veronica.

Supaya Shorts semakin seru, rencananya YouTube akan memberikan fitur-fitur baru kepada pengguna di Tanah Air.

“Seiring kami mengembangkan Shorts bersama kreator, kami akan menambahkan
lebih banyak fitur untuk dicoba masyarakat Indonesia,” tutup Veronica.

Shorts versi beta telah resmi hadir di Indonesia. Anda bisa melihatnya bawah layar aplikasi YouTube dengan ikon bertuliskan “Shorts”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0