Windows 12 akan Debut di 2024, Tawarkan Banyak Fitur AI

Telset.id, Jakarta – Microsoft bersiap untuk meluncurkan versi baru Windows, sementara dengan nama kode “Hudson Valley,” berpotensi dipasarkan sebagai Windows 12. Menurut berbagai sumber Windows 12 akan dirilis pada paruh kedua tahun 2024 dan diatur untuk merevolusi sistem operasi dengan fokus yang kuat pada kecerdasan buatan (AI).

Dikutip Telset dari Gizmochina pada Senin (11/12/2023), versi awal Hudson Valley saat ini sedang menjalani pengujian di saluran Windows Insider Canary, dengan versi RTM dijadwalkan untuk dirilis pada April 2024.

Fokus utama Hudson Valley adalah meningkatkan pengalaman pengguna melalui AI. Fitur utama termasuk Windows Shell yang digerakkan oleh AI dan asisten Copilot AI “co-pilot canggih”.

Asisten ini dirancang untuk beroperasi terus menerus di latar belakang, meningkatkan fungsi seperti pencarian, peluncuran aplikasi, manajemen alur kerja, dan pemahaman konteks.

BACA JUGA:

AI akan sangat terintegrasi di seluruh sistem operasi, membutuhkan perangkat keras Neural Processing Unit (NPU) baru untuk kinerja yang optimal. Akibatnya, persyaratan perangkat keras untuk komputer akan meningkat secara signifikan, berpotensi membuat komputer lama tidak kompatibel dengan beberapa fitur yang berfokus pada AI.

Tingkat perakitan PC AI, dilengkapi dengan NPU, diperkirakan akan meningkat tajam, mencapai 81% pada tahun 2027, menurut perkiraan IDC. Ini menunjukkan tren adopsi AI secara mainstream di pasar PC.

Pembaruan terbaru di Windows 11, termasuk pembaruan Copilot AI dan penghapusan latar belakang di Paint, mengisyaratkan komitmen berkelanjutan Microsoft untuk peningkatan yang didukung AI. Selain itu, peta jalan baru untuk siklus pembaruan Windows dilaporkan sedang dikerjakan.

Selain Copilot canggih, Hudson Valley dikabarkan akan memperkenalkan wallpaper bertenaga AI dengan efek paralaks dinamis dan kemampuan interaksi, fitur Super Resolution yang meningkatkan kualitas gambar dalam foto, video, dan game.

BACA JUGA:

Berikutnya ada pula mode hemat energi yang ditingkatkan, dan desain ulang potensial antarmuka desktop dengan baki sistem diposisikan di bagian atas. Nama akhir dan fitur Hudson Valley belum dikonfirmasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI